nusabali

Komunitas Konsumen Jembrana Berikan Dukung Revitalisasi Pasar Umum Negara

  • www.nusabali.com-komunitas-konsumen-jembrana-berikan-dukung-revitalisasi-pasar-umum-negara

NEGARA, NusaBali - Sejumlah perwakilan dari Komunitas Konsumen Jembrana (KKJ) bersama sejumlah pedagang Pasar Umum Negara bertemu dengan Bupati Jembrana I Nengah Tamba, di Rumah Jabatan Bupati Jembrana, Sabtu (24/6).

Kedatangan puluhan orang ini bertujuan untuk menyampaikan dukungan terhadap revitalisasi Pasar Umum Negara (PUN) yang rencana dilaksanakan tahun ini.

Dalam pertemuan tersebut, dari perwakilan KKJ menyebutkan bahwa pada era saat ini, konsumen cenderung memilih tempat yang bersih dan nyaman untuk berbelanja. Selain itu, adanya ruang bersantai di pusat perbelanjaan menjadi daya tarik bagi konsumen untuk datang. Oleh karena itu, mereka mengaku sangat mendukung revitalisasi pasar umum Negara agar menjadi lebih baik dan ramah bagi konsumen.

"Kami dari Komunitas Konsumen Jembrana berharap dengan dilaksankan revitalisasi Pasar umum Negara dapat memberikan kenyamanan, dan menjadikan pasar lebih bersih sehingga kami sebagai konsumen merasa puas dan nyaman saat berbelanja," ujar Ajung Roi, salah satu perwakilan KKJ.

Pihak KKJ juga menilai kondisi PUN saat ini masih belum cukup baik sehingga diperlukan penataan. Baik dari segi tempat berjualan maupun fasilitas penunjang lainnya seperti jalur evakuasi dan alat pemadam kebakaran. "Menurut kami, kondisi pasar saat ini masih belum layak. Kondisinya masih kurang bersih dan rentan terhadap kebakaran, yang sering terjadi di pasar-pasar tradisional yang usianya sudah tua. Oleh karena itu, kami harap revitalisasi ini dapat segera direalisasikan," ujar Ajung Roi.

Sementara sejumlah pedagang PUN yang hadir dalam pertemuan itu, juga berharap revitlasisi bisa dilaksanakan untuk mendapatkan tempat berjualan yang lebih bersih dan nyaman. Termasuk harapan mendapatkan kios atau los secara adil dan merata sehingga semua pedagang mendapat hak yang sama.

Sementara Bupati Tamba mengatakan sepakat dengan pandangan dari KKJ. Menurutnya, revitalisasi PUN bertujuan untuk memberikan pusat perbelanjaan yang lebih memanjakan konsumen dalam berbelanja, serta memberikan rasa nyaman dan aman bagi para konsumen. "Pasar harus disukai oleh konsumen. Sesuai dengan selera pembeli saat ini yang menginginkan tempat yang bersih dan nyaman," ucap Bupati Tamba.

Bupati Tamba mencontohkan, saat seseorang melakukan perjalanan, mereka akan memilih tempat yang nyaman untuk beristirahat. Konsumen saat ini pasti mengutamakan kebersihan dan kenyamanan saat berbelanja. "Ketika kita bepergian, tentunya kita akan memilih toko yang bersih dan menyediakan tempat beristirahat untuk kita kunjungi. Oleh karena itu, pasar yang kita bangun harus seperti itu, bersih, nyaman, dan sehat. Sehingga para konsumen datang," ujarnya.

Bupati Tamba menambahakan, juga akan memberikan hak yang sama kepada semua pedagang untuk dapat berjualan di PUN. Menurutnya, dalam rancangan revitaliasi nanti, juga mengakomodir para pedagang yang sudah ada namun belum punya tempat berjualan. "Saya akan menjaga agar tidak ada monopoli di pasar. Semua harus adil," pungkasnya. 7 ode

Komentar