nusabali

Siswa SMAN 2 Amlapura Juara III Nasional Lomba Pidato Buddhis

  • www.nusabali.com-siswa-sman-2-amlapura-juara-iii-nasional-lomba-pidato-buddhis

AMLAPURA, NusaBali - Siswa kelas XII IPS1 SMAN 2 Amlapura Ericha Mellyana, raih Juara III Lomba Pidato Buddhis Tingkat Nasional 2023 di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (22/6). Dia meraih juara ini dalam lomba Sippa Dhamma Samajja Tingkat Nasional IX  Tahun 2023.

Teknis lomba, dia mewakil Bali dengan mengirim materi berupa video ke meja juri. Ericha Mellyana ambil bagian di nomor lomba tingkat SMA, Dhammakatha (pidato Buddhis), setelah sebelumnya menjadi juara saat lomba Sippa Dhamma Samajja Tingkat Bali di Hotel Puri Nusa Indah Denpasar 30 April - 1 Mei 2023.

Dalam lomba, dewan juri menilai melalui video. Hasil akhir dewan juri menobatkan sebagai juara III. Dia mendaftarkan video lomba dengan tema, ‘Generasi Muda Menata Jalan Harmoni’ pada 22 Mei, penilaian 21 Juni, dan pengumuman 22 Juni.

Selama persiapan, Ericha Mellyana, di bawah asuhan guru I Nyoman Agus Sudipta. Merekas juga dibantu Sekolah Minggu Buddhis Ratna Kumara yang menaungi siswa-siswi Buddhis di Vihara Buddha Ratana Karangasem. Saat berlomba dia bersaing dengan utusan dari 34 provinsi se-Indonesia. "Kami mengapresiasi siswi SMAN 2 Amlapura sebagai juara III Tingkat Nasional," jelas I Nyoman Agus Sudipta.

Dalam Sippa Dhamaa Samajja Tingkat Nasional, lomba terbagi-bagi tingkat SD, SMP dan SMA/SMK. Khusus untuk tingkat SMA, melombakan Dhamma Gita (menyanyi lagu rohani Buddha), Dhamma Vijja (cerdas cermat), Dhamma Vikata (cerita bergambar), Dhammapada (membaca syair), Dhammakkhayika (bercerita Buddhis) dan Dhammakatha (pidato Buddhis).

Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa juga mengapresiasi anak didiknya itu karena raih peringkat III Tingkat Nasional. "Peringkat III itu termasuk prestasi yang terbaik. Secara kualitas tidak jauh beda dengan juara I dan juara II," jelas mantan guru SMKN 1 Amlapura itu. Juara I dari Provinsi Jambi dan juara II dari Provinsi Sumatera Selatan.

Lomba itu dilaksanakan dengan harapan melahirkan generasi muda Buddhis yang unggul, berkarakter agar memiliki kompetensi dan kemampuan literasi.  Tujuan lainnya, untuk mengukur ketercapaian aspek afektif (perilaku, intelektual), kognetif  (mental) dan psikomotor (ketrampilan).

Ericha Mellyana mengaku terharu atas prestasi itu. "Saya belum terima hadiah, karena pemenangnya tidak diundang. Saya tahu sebagai pemenang karena nonton live streaming," jelas putri sulung dari 3 bersaudara pasangan Bhoen Tjan Fuk dan Ni Ketut Sukerti.

Sebelumnya, dia pernah berprestasi tingkat nasional, juara Lomba Essai di UGM Yogyakarta 2022, juara III Lomba Essai di Universitas Yogyakarta 2022, dan juara Cerdas Cermat Bidang Sejarah di Provinsi Bali 2022. Alumnus SMPN 2 Amlapura 2020, yang bercita-cita jadi Menteri Keuangan RI.7k16

Komentar