nusabali

Kwarcab Klungkung Sosialisasikan Seragam Pramuka

  • www.nusabali.com-kwarcab-klungkung-sosialisasikan-seragam-pramuka

SEMARAPURA, NusaBali - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Klungkung menggelar sosialisasi kain seragam Pramuka dan lambang Kwarda Bali di aula SMAN 2 Semarapura, Klungkung, Kamis (22/6).

Selanjutnya sosialisasi dilaksanakan di Kantor UPT Bersama Nusa Penida, Klungkung, Jumat (23/6). Sosialisasi dibuka oleh Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta yang juga Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Klungkung.

Wabup Kasta mengatakan, sosialisasi ini merupakan upaya menyeragamkan bentuk, bahan, dan warna seragam Pramuka, tidak hanya di Kabupaten Klungkung, namun seluruh wilayah Indonesia. Menurutnya, hal ini akan sangat baik karena nantinya seragam akan lebih kompak dengan kualitas yang lebih baik. Namun Wabup Kasta mengingatkan dalam pengadaan nantinya, harga kain tidak akan memberatkan anggota Pramuka.

Wabup Kasta juga menggelorakan Tri Satya Kepramukaan dan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Salah satunya sesama manusia harus saling membantu, harus patuh, dan displin dengan aturan yang berlaku. Salah seorang utusan Kwarnas, Witri Nur Apri meyampaikan, SK tentang kain seragam Pramuka sudah ditetapkan pada Tahun 2021. Namun karena pandemi Covid-19 sehingga tahun 2023 baru bisa disosialisasikan. 

Penyeragaman bentuk dan warna seragam Pramuka ini berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Nasional Nomor 174 Tahun 2012 dan Keputusan Kwartir Nasional Nomor 158 Tahun 2021. PT Bahtera Tunas Mandiri, Perusahaan Kwartir Pramuka Nasional akan memproduksi kain seragam Pramuka untuk seluruh wilayah di Indonesia. “Kainnya lembut dan tidak mudah kusut, tekstur ringan dan halus, cepat kering dan mudah dicuci, tahan lama dan warna tidak cepat pudar,” ujar Witri. 7 wan

Komentar