nusabali

Libatkan 100 Seniman, Art Moment Bali 2023 Pamerkan Karya Seni di Kamar Hotel

  • www.nusabali.com-libatkan-100-seniman-art-moment-bali-2023-pamerkan-karya-seni-di-kamar-hotel

MANGUPURA, NusaBali.com - Setelah sukses menggelar pameran di Jakarta, kali ini Bali menjadi tuan rumah gelaran bursa seni para seniman, kolektor, galeri, serta komunitas seni se-Asia Tenggara ‘ArtMoments’ di Pandawa Jimbaran Convention Center, InterContinental Bali Resort, Jimbaran, Badung,  23-25 Juni 2023.

Berbeda dengan gelaran pameran karya seni lainnya, ArtMoments Bali hadir dengan konsep unik dengan menghadirkan pameran dari kamar hotel untuk membius para pecinta seni, sekaligus seniman yang ingin berkreasi.

Co-Founder dan Fair Director ArtMoments, Sendy Widjaja mengatakan gelaran yang mengusung tema ‘Infinite Boundaries’ itu setidaknya melibatkan lebih dari 100 seniman dari 15 galeri seni di Indonesia dan luar negeri.

Para pemilik galeri ataupun seniman pun menampilkan karya-karya mereka di 14 kamar hotel InterContinental Bali Resort. Beragam karya seni tersebut ditampilkan dengan berbagai format, mulai dari karya yang memadukan teknologi virtual seperti Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan lain sebagainya.

"Hotel room art fair ini adalah konsep yang baru, di mana para galeri akan merespons kamar hotel. Arts moment Bali 2023 bukan hanya sekadar pameran seni tetapi juga sebuah gerakan dan bukti warisan budaya. Visi kami menjadikan Bali sebagai salah satu tujuan seni di Asia Tenggara. Tempat bagi para kolektor, seniman, dan pencipta seni agar bisa datang menyaksikan keragaman seni di Indonesia,” ujar Sendy saat ditemui di InterContinental Bali Resort, Jimbaran, Badung, Bali pada Jumat (23/6/2023) siang.

Lebih lanjut ia menjelaskan, gelaran ini bertujuan untuk mendukung galeri-galeri seni yang berfokus pada Indonesia dan memiliki jangkauan global dalam mempresentasikan seniman, baik yang sudah terkenal atau yang baru muncul. Serta mewujudkannya dalam sebuah program publik menarik yang dirancang untuk memperkenalkan perspektif ini kepada audiens yang lebih luas

“Kami harap hal ini dapat memunculkan ide-ide bagi masyarakat untuk menampilkan seni di ruang keluarga atau ruang kerja mereka sehingga seni dapat menjadi bagian yang menyatu dalam kehidupan keseharian mereka,” tambah Sendy.

Sendy juga menjelaskan alasan dihelatnya gelaran tersebut di Bali karena ia melihat Bali menjadi salah satu pintu masuk wisatawan, khususnya mancanegara. Sehingga gelaran ArtMoments Bali dirasa cocok untuk memperkenalkan beragam karya seni para seniman Indonesia kepada wisatawan mancanegara.

"Kami pergi melihat kota-kota di Jawa, Sumatera, lalu kami putuskan akan ke Bali, karena Bali adalah tujuan wisata. Dan kami berpikir bahwa potensi pameran seni di Bali akan sangat bagus. Tetapi kami juga menyadari bahwa belum pernah ada yang melakukannya di Bali. Sehingga kami menggelar acara ini di Bali,” tuturnya.

Akan dihelat sampai Minggu (25/6/2023) mendatang secara gratis dari pukul 13.00 - 21.00 WITA, gelaran ini juga akan diisi dengan beberapa program menarik, diantaranya Converse Moments, Maker Moments, dan Encounter Moments yang melibatkan para pakar kreatif, maestro industri seni, dan key opinion leaders.

Salah satu workshop interaktif dan unik yang dihadirkan di ArtMoments Bali adalah ‘Plasticology’ besutan seniman I Made Bayak pada Minggu (25/6/2023) mendatang.

“Tujuan kami bukan hanya untuk menginspirasi dan menghibur. Tetapi untuk mendidik dan meningkatkan terkait bidang seni. Acara kami diharapkan juga mampu memberikan devisi negara. Kami juga mendatangkan ratusan tamu luar negeri dari kolektor asia termasuk Filipina, China, Singapura, Malaysia, dan Australia yang datang ke Bali khusus untuk datang ke ArtMoments Bali akan menjadi pengalaman momen yang luar biasa,

” Koleksi-koleksi yang ditampilkan oleh para seniman dan galeri seni selama Art Moments Bali juga difokuskan kepada perkembangan nilai kreasi, yang biasanya menyoroti topik beragam, misalnya isu program lingkungan berkelanjutan yang dihadapi dunia, penghormatan terhadap nilai dan keberadaan ekosistem hidup, interpretasi pengalaman siklus hidup (daur ulang, Red), dan isu ancaman terhadap kehidupan.

“Kami telah menyediakan kolek karya seni yang luar biasa menambilkan bakat dan kreativitas para seniman Indonesia. Dari karya tradisional, modern, dan kontemporer. Dari senima pemula dan profesional, beragamnya karya seni bagaimana luasnya skema seni yang ada di Indonesia,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Resort Manager InterContinental Bali Resort, Christoph Pouls mengungkapkan rasa senang karena pihaknya mendapat kepercayaan sebagai Official Venue Partner ArtMoments Bali 2023.

Ia juga menuturkan, InterContinental Bali Resort akan senantiasa terus mendukung perkembangan seni dan budaya di Bali.

“Dengan menjadi tuan rumah pameran seni ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi pada kancah seni yang sedang berkembang dan menyediakan platform bagi para seniman untuk mendapatkan pengakuan dan apresiasi. Kami berkomitmen untuk mengembangkan kreativitas dan merayakan kekayaan warisan budaya Indonesia melalui dukungan berkelanjutan yang kami berikan upaya artistik tersebut,” ungkap Christoph Pouls. *ris

Komentar