nusabali

Apel HUT Ke-383 Kota Amlapura, Nihil Undangan Pengurus KNPI

  • www.nusabali.com-apel-hut-ke-383-kota-amlapura-nihil-undangan-pengurus-knpi

AMLAPURA, NusaBali - Kepengurusan KNPI di Karangasem kosong. Mestinya, ada regenerasi kepengurusan organisasi.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Karangasem I Wayan Sutapa mengaku enggan mengundang pengurus KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Karangasem, saat perayaan hari besar termasuk HUT Kota Amlapura. Keengganan itu sejak tahun 2019, karena sejak itu organisasi sebagai wadah kepemudaan ini tanpa kepengurusan.

Begitu juga, saat apel peringatan HUT ke-383 Kota Amlapura, tanpa kehadiran pengurus atau anggota KNPI Karangasem. "Bagaimana saya undang KNPI, pengurusnya tidak ada. Memang, secara kelembagaan, organisasi kepemudaan ini masih ada," jelas Sutapa, usai apel peringatan HUT ke-383 Kota Amlapura, di Jalan Kapten Gebun, Amlapura, Kamis (22/6).

Terakhir, kepengurusan KNPI Karangasem masa bhakti 2016-2019, di bawah Ketua I Gusti Made Parwata. Setelah itu, tanpa ada Muskab KNPI Karangasem sehingga keberadaan organisasi ini non aktif.

Sutapa menyayangkan, kepengurusan KNPI di Karangasem kosong. Mestinya, ada regenerasi kepengurusan organisasi. Padahal KNPI sebagai pemersatu kaum pemuda dan pemudi. Jelasnya, peran KNPI selama ini penting dalam kehidupan berbangsa, menjaga soliditas kaum muda, dengan semangat yang terkandung dalam deklarasi Sumpah Pemuda 1928.

Tambah dia, dalam sejarahnya, KNPI dibentuk untuk mempersatukan pemuda dari berbagai ormas kepemudaan untuk melawan kaum penjajah. KNPI juga mempersatukan pemuda dari berbagai suku, agama, ras dan antargolongan. "Di samping sebagai tempat mengasah kecerdasan, menambah wawasan dan sebagai calon pemimpin di masa datang," jelas mantan Kadis Perhubungan Karangasem ini.

Saat Apel HUT Kota Amlapura di Lapangan Tanah Aron Jalan Ngurah Rai Amlapura, kaum pemuda yang hadir hanya dari ormas GP (Gerakan Pemuda) Ansor Karangasem. Mereka yang hadir 14 orang, di bawah koordinasi Rahmat Bustomi. GP Ansor merupakan salah satu ormas pemuda bernaung di bawah KNPI. Hadir pula segelintir perwakilan dari ormas pemuda lain. "Kami memang dapat undangan ikut Apel HUT Kota Amlapura, berjumlah 14 orang," jelas rahmat Bustomi.7k16

Komentar