nusabali

42 WBP Rutan Negara Periksa Kesehatan Gratis

  • www.nusabali.com-42-wbp-rutan-negara-periksa-kesehatan-gratis

NEGARA, NusaBali - Tim medis dari Puskesmas I Negara menggelar pemeriksaan kesehatan gratis bagi para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan petugas Rumah Tahanan (Rutan) di Rutan Negara, Jembrana, Senin (19/6). Dari kegiatan itu, ada 42 WBP yang memeriksakan diri dengan megeluhkan berbagai penyakit.

Dalam pelaksanan pemeriksaan kesehatan yang dipusatkan di Aula Garuda Wisnu Kencana (GWK) Rutan Negara itu, mengahdirkan 6 orang petugas medis Puskesmas I Negara yang terdiri dari 1 orang dokter umum, 1 orang dokter gigi dan 4 orang perawat. Pemeriksan itu juga dibantu oleh 3 orang petugas perawat di Rutan Negara.

Pemeriksaan kesehatan diawali dengan pencatatan data identitas WBP dan dilanjutkan dengan pengkajian riwayat kesehatan serta keluhan saat ini. Selanjutnya WBP dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tanda-tanda vital seperti tekanan darah, suhu tubuh, nadi, pernafasan serta pengecekan gula darah.

Dalam kegiatan yang berlangsung dari pukul 09.00 Wita hingga 12.15 wita tersebut, tercatat total 42 orang WBP yang melakukan pemeriksaan kesehatan. "Total ada sebanyak 42 orang yang melakukan pemeriksaan dengan berbagai macam keluhan. Mulai dari tekanan darah tinggi, DM (diabetes militus), asam urat, sakit gigi, batuk pilek, sesak, dan yang paling banyak itu gatal-gatal," ujar dokter Kadek Riadi selaku dokter umum perwakilan dari Puskesmas I Negara.


Sementara Kepala Rutan Negara Lilik Subagiyono menjelaskan, pemeriksaan kesehatan oleh Puskesmas I Negara ini memang lebih difokuskan kepada WBP yang mengalami keluhan kesehatan. Sehingga dapat diberikan terapi pengobatan yang tepat. Diadakannya pemeriksan kesehatan gratis dari Puskemas I Negara ini, merupakan tindaklanjut dari Perjanjian Kerjasama (PKS) antara pihaknya dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jembrana pada 17 Mei 2023 lalu.

"Kegiatan ini merupakan tindak lanjut kami dari PKS bersama Dinkes Jembrana. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin setiap bulan dengan bantuan Puskesmas I Negara. Kegiatan pemeriksaan kesehatan oleh Puskesmas I Negara dijadwalkan secara rutin setiap tanggal 19," ujar Lilik.

Salah satu perawat di Rutan Negara Deby Kristianti mengatakan, selama ini kegiatan pelayanan kesehatan di Rutan Negara sudah berjalan. Namun kegiatan pemeriksan kesehatan dari internal Rutan Negara sendiri, difokuskan pada upaya promotif dan preventif.

"Mengingat kami belum memiliki tenaga dokter. Jadi dengan adanya kerjasama ini, pelayanan kesehatan kami bisa lebih optimal bagi WBP. Ini juga menjadi wujud pemenuhan hak atas kesehatan bagi WBP," ucap Deby. ode

Komentar