nusabali

607 Atlet/Seniman Perkuat Kontingen Porsenijar Buleleng

  • www.nusabali.com-607-atletseniman-perkuat-kontingen-porsenijar-buleleng

SINGARAJA, NusaBali - 607 orang (atlet dan seniman) pelajar memperkuat kontingen Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) Kabupaten Buleleng. Kontingen ini dilepas Pj Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana, Selasa (20/6) kemarin, di lobi Atiti Wisma, Kantor Bupati Buleleng.

Mereka akan berhadapan dengan kontingen kabupaten/kota lain di Bali.  Pj Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana mengharapkan kontingen ini dapat mendongkrak perolehan medali dari Porsenijar Bali 2019.

‘’Target peraihan medali kontingen Buleleng, minimal naik 10 persen atau 73 medali emas,’’ ujarnya. Target ini, karena melihat potensi atlet-atlet terbaik Buleleng yang tidak kalah dengan kabupaten/kota lain di Bali. Selain itu, Buleleng dengan jumlah penduduk terbanyak di Bali sangat memungkinkan memiliki atlet-atlet terhebat.

“Kemarin (2019) Buleleng peringkat III umum. Sekarang minimal bisa bertahan, atau paling tidak bisa naik ke peringkat II bahkan peringkat I,” tegas Lihadnyana. Dalam kesempatan itu, Lihadnyana memotivasi seluruh atlet dan seniman pelajar untuk membulatkan tekad dan semangat juang menjadi yang terbaik.


Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Buleleng Made Astika menjelaskan Kontingen Buleleng 607 orang akan mengikuti kejuaraan dalam 29 cabang olahraga dan 13 bidang seni. Jumlah itu terdiri dari 460 atlet, 36 seniman, 72 official, dan 39 panitia. Mereka akan berjuang sepekan penuh, 20 - 27 Juni 2023.

Kata Astika, sebelum dikirim mewakili Buleleng, seluruh atlet dan seniman ini menjalani pembinaan intensif di masing-masing cabang olahraga dan bidang seni. Cabor yang diikuti meliputi Atletik, Bulutangkis, Catur, Pencak Silat, Judo, Renang, Senam, Sepak Takraw, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Taekwondo, Bola Voli, Bola Voli Pasir, Bola Basket, Panjat Tebing, Karate, Cricket, Tarung Derajat, Woodball, Gateball, Panahan, Dansa, Kempo, Balap Sepeda, Petanque, Wushu, Kabaddi, Softball, Menembak, dan Selam.

Bidang seni meliputi seni Melukis, Tari Baris Manggala Yuda, Mesatua Bali, Alih Aksara Latin ke Aksara Bali, Macepat, Mapidarta, Mekidung, Dharma Wacana, Makekawin, Tari Margapati, Tari Cendrawasih, Tari Legong Kuntul, dan Tari Kebyar Duduk.

Kabupaten Buleleng juga mengikuti cabor eksebisi, yakni Rugby, Xiangqi, Tinju, Pickle Ball, Bridge, dan Yongmoodo. Dari target yang diberikan Pj Bupati Buleleng, Astika juga berharap dapat tercapai. “Anak-anak sudah berlatih keras. Mudah-mudahan perjuangan mereka bisa menorehkan prestasi terbaik untuk Buleleng,” kata Astika.7k23

Komentar