nusabali

2 Seniman Pantomim Bali ke Festival Humanoid Jakarta

  • www.nusabali.com-2-seniman-pantomim-bali-ke-festival-humanoid-jakarta

AMLAPURA, NusaBali - Dua pantomim Bali dapat undangan berlaga di Festival Humanoid Kota Tua Jakarta, 23 - 25 Juni 2023. Undanagn ini serangkaian peringatan HUT ke-496 Kota Jakarta di Mercure Hotel, Jakarta Batavia, dan Museum Fatahillah Kota Tua Jakarta.

Mereka yakni, I Kadek Darma Susila yang Kasek SDN 4 Bukit, Kecamatan Karangasem, dan I Komang Adi Pranata dari Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Gianyar.

"Saya diundang Perkumpulan Seniman Patomim Indonesia (ASPI). Kami akan berlomba bersama 100 seniman pantomim se-Indonesia," jelas I Kadek Darma Susila kepada NusaBali di Amlapura, Senin (19/6).

Pendamping I Kadek Darma Susila atau asistennya yakni I Komang Bagus Yudi Arcana, salah seorang pegawai kontrak di Koordinator Wilayah Disdikpora Kecamatan Karangasem. Darma Susila akan membawakan judul humanoid, ‘Prajurit Bali untuk Ibu Kota’. Kostum menyesuaikan dengan tema, nanti di dalam lomba pesertanya menjadi humanoid, seperti manusia patung.

Darma Susila menerangkan dirinya dapat kepercayaan ikut ambil bagian dalam festival itu, karena sejak tahun 2014, aktif berkomunikasi di WA grup pantomime nusantara. Sehingga orang yang masuk anggota grup WA lebih mengenal kiprahnya, terutama di sekolah aktif membina siswa untuk mengikuti lomba-lomba pantomim.

Setiap pantomim pentas, katanya, wajib mengajak asisten. Sebab, tugas-tugas asisten membantu make up dan mengenakan kostum, menjaga perlengkapan saat peserta pentas, berkoordinasi dengan panitia soal jadwal, dan lain-lain.

Dalam festival kali ini, menurut Darma Susila, panitia melarang ada unsur pornografi dan SARA. Durasi waktu pentas 30 menit, kriteria penilaian, kreatif, stamina terjaga, dan artistik. Bertindak sebagai dewan juri, Subarkah Hadisarjana yang dosen seni rupa, Faiq Zaen Enderiza dosen seni rupa dan Hudzaifah dari praktisi.

Seni rupa pantomim, kata dia, merupakan pertunjukan tanpa kata dengan meniru sesuatu terimplementasi dalam bentuk gerak. "Pertunjukkan tanpa kata-kata dan dialog, mengandalkan gerak tubuh, ekspresi wajah, yang bersifat humaris dan komikal, dan musik sebagai pengiringnya," jelasnya. Peserta satu lagi, I Komang Adi Pranata dengan asisten I Gede Krisna Pranata.

Sebelumnya, Darma Susila mengantarkan regu SD Negeri 4 Bukit, Kecamatan Karangasem meraih juara keempat Lomba Pantomim FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) Tingkat Provinsi Bali, 2021, di Denpasar.

Selain membina, dia juga aktif bermain ikut festival pantomim tingkat nasional. Hanya saja di Karangasem belum banyak siswa yang tertarik belajar bidang seni pantomim.7k16

Komentar