nusabali

Upacara Pamarisudha Bhumi Digelar di Pantai Yeh Gangga

  • www.nusabali.com-upacara-pamarisudha-bhumi-digelar-di-pantai-yeh-gangga

TABANAN, NusaBali - Kabupaten Tabanan menggelar Upacara Pamarisudha Bhumi di Pantai Yeh Gangga bertepatan dengan rahina tilem sasih sadha Minggu (18/6). Upacara yang bertujuan  untuk menyucikan bhuana agung dan bhuana alit ini dipuput 9 orang sulinggih.

Sembilan orang sulinggih itu diantaranya, Ida Pandita Mpu Nabe Jaya Prateka, Ida Pedanda Gde Giri Manu Wicaksara, Sira Mpu Dharma Janggarosa, Ida Rsi Bhawagam Putra Pemayun, Ida Pandita Mpu Jaya Prema Ananda, Ida Pandita Mpu Sri Rasta Putra Prabu, Ida Pandita Mpu Jaya Brahmananda, Ida Pandita Mpu Arka Dwijananda, Ida Pandita Kubayan Sri Rasta Siwananda.

Asisten I Setda Tabanan I Made Agus Harta Wiguna mengatakan Upacara Pamarisudha Bhumi dilaksanakan serentak di seluruh Bali sesuai dengan arahan surat dari Pemerintah Provinsi Bali. Upacara ini dipusatkan di Monumen Perjuangan Rakyat Bali Renon Denpasar kemudian diikuti di 9 kabupaten/kota se-Bali. "Tujuan upacara ini menyucikan bhuana agung dan bhuana alit  dan memohon maaf atas kesalahan yang dilakukan secara tidak sengaja," ujarnya. 

Menurutnya untuk di Kabupaten Tabanan dipusatkan di Pantai Yeh Gangga. Sesuai dengan Yajmana Karya Pantai Yeh Gangga adalah segara (pantai) yang digunakan untuk upacara agama, melasti, hingga nganyud. "Kita berharap dengan digelarnya upacara ini seluruh alam semesta menjadi sempurna," harap Harta Wiguna. 

Sebelum upacara Pamarisudha Bhumi digelar acara diawali dengan serentetan upacara persembahyangan oleh Ida Sulinggih perwakilan kecamatan se-Kabupaten Tabanan. Dilanjutkan mulang pakelem menggunakan sarana bebek selem. Kemudian dilakukan persembahyangan bersama OPD. 7des

Komentar