nusabali

PDIP Agendakan Utsawa Widyatarka Tiap Tahun

Koster Sebut Komitmen Pelestarian Kearifan Lokal

  • www.nusabali.com-pdip-agendakan-utsawa-widyatarka-tiap-tahun

DENPASAR, NusaBali - PDI Perjuangan konsisten untuk menggelar Utsawa Widyatarka ini setiap tahun. Karena Utsawa Widyatarka Susastra Bali merupakan implementasi dari Visi Nangun Sat Kerti Loka Bali, yang terkait dengan kearifan lokal Bali.

Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Provinsi Bali Wayan Koster mengagendakan partainya menggelar Utsawa Widyatarka (cerdas cermat,red) Susastra Bali setiap tahun. Gelaran Utsawa Widyatarka Susastra Bali ini sebagai sikap konsisten untuk mengimplementasikan Visi Nangun Sat Kerti Loka Bali yang terkait dengan kearifan lokal.

Hal itu diungkapkan Koster saat menutup Utsawa Widyatarka Susastra Bali di Aula DPD PDIP Bali, Jalan Banteng Baru Nomor 4, Niti Mandala Denpasar, Jumat (16/6) siang.

Koster menyebutkan, Utsawa Widyatarka Susastra Bali digelar dalam rangkaian perayaan Bulan Bung Karno dan HUT PDI Perjuangan ke -50.  Kata dia, tahun-tahun sebelumnya juga digelar acara serupa.

Lomba Utsawa Widyatarka Susastra Bali ini diikuti perwakilan SD,SMP,SMA/SMK dari perwakilan kabupaten/kota se-Bali. Tampil sebagai panureksa (dewan juri,red) dari kalangan akademisi yakni Prof Dr Nyoman Suarka, Prof Dr Nyoman Suwija, Dr Wayan Sugita dan Drs Cokorda Putra Wisnu.

Sementara Koster kemarin didampingi Bendahara DPD PDIP yang juga Ketua Fraksi PDIP DPRD Bali Dewa Made Mahayadnya alias Dewa Jack, Koordinator Lomba Anak Agung Ngurah Adhi Ardhana, I Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi dan Ni Luh Rumiyati.   

Koster dalam pidatonya di hadapan peserta dan kader partai mengingatkan pentingnya menjaga kearifan lokal Bali. Untuk itu Utsawa Widyatarka akan dilaksanakan setiap tahun. "PDI Perjuangan konsisten untuk menggelar Utsawa Widyatarka ini setiap tahun. Karena Utsawa Widyatarka Susastra Bali merupakan implementasi dari Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, yang terkait dengan kearifan lokal Bali," ujar politisi senior PDIP asal Desa Sembiran, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng ini.

Pria yang juga menjabat Gubernur Bali ini menegaskan, gelaran Utsawa Widyatarka Susastra Bali ini hanya digelar PDIP Bali. "Tidak ada partai lain melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti Utsawa Widyatarka Susastra Bali ini. Hanya PDI Perjuangan saja, maka kedepan akan terus digelar, saya minta para siswa dan masyarakat terus memberikan dukungan," ujar mantan Anggota Komisi X DPR RI dapil Bali tiga periode yang membidangi pendidikan, kebudayaan, pariwisata, pemuda dan olahraga ini. 

Koster yang mengikuti dan memantau sejak awal kegiatan selama 13-16 Juni kemarin, mengajak para siswa, tokoh masyarakat, kader dan jajaran Fraksi PDIP DPRD Kabupaten/Kota dan Provinsi untuk bangga dengan kebudayaan Bali. Kemudian secara berkelanjutan melakukan upaya pelestarian. "Saya mengajak anak-anak, tokoh masyarakat dan kader partai bangga dengan budaya Bali dan tetap menjaga dan melestarikan," tegas Koster.n Nat

Komentar