nusabali

Pemkab Badung Gelar Pelatihan Barista

  • www.nusabali.com-pemkab-badung-gelar-pelatihan-barista
  • www.nusabali.com-pemkab-badung-gelar-pelatihan-barista

MANGUPURA, NusaBali - Pemkab Badung melalui Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan (Diskopukmp) menggelar pelatihan barista di Ruang Rapat Cempaka Kantor Dinas setempat, Senin (12/6).

Sebanyak 28 peserta mendapatkan wawasan dan soft skill dari narasumber yang didatangkan dari Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) dan Sekolah Perhotelan Bali.

Kepala Diskopukmp Badung I Made Widiana, mengatakan kegiatan pelatihan barista tidak hanya digelar untuk UMKM yang sudah membuka kedai kopi. 

Melainkan juga kepada pelaku usaha baru dalam rangka menambah wawasan dan soft skill pada pelaku UMKM. “Kedai kopi yang ngetrend sekarang, malah para maniak kopi cukup lumayan. Bagi kalangan muda juga sangat senang nongkrong di kedai kopi, sehingga kami dari dinas yang membidangi memfasilitasi untuk memberikan pelatihan demi menambah wawasan,” ujarnya.


Mantan Camat Kuta Selatan tersebut berharap melalui kegiatan ini ada tambahan wawasan, sehingga akan menambah khasanah daripada varian kopi yang akan disajikan kepada konsumen. “Kami pun sedang merancang pemberian bantuan alat. Adanya alat ini mereka akan bisa bergerak, daripada hanya setengah-setengah, kita hanya memberikan pelatihan pengetahuan saja tetapi tidak kita bantu atau hibahkan berupa alat,” katanya.

Lebih lanjut Widiana mengatakan, saat ini juga sudah dirancang terkait bantuan permodalan. Bahkan dia menegaskan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta sudah menginstruksikan hal tersebut. Hanya saat ini perlu membuat kajian dan dasar hukumnya agar tidak salah dalam hal pemberian bantuan nantinya.

“Jadi, kami akan subsidi dengan bunganya, artinya kita fasilitasi kredit di salah satu bank. Kita akan kerjasamakan nanti bunganya itu akan dibayar pemerintah, sehingga akan nyambung dan akan ringan sekali. Ini yang sedang kami godok terus,” kata Widiana. @ ind

Komentar