nusabali

Persiapan Palebon Raja Denpasar

  • www.nusabali.com-persiapan-palebon-raja-denpasar
  • www.nusabali.com-persiapan-palebon-raja-denpasar
  • www.nusabali.com-persiapan-palebon-raja-denpasar

Sejumlah undagi yang dipercaya oleh Puri Agung Denpasar sedang membuat trajang atau tragtag bade tumpang 11 untuk palebon Raja Denpasar IX Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan, di kawasan Patung Catur Muka, Denpasar, Senin (12/6). 

Pembuatan trajang setinggi 9,4 meter tersebut dimulai sejak Sukra Umanis Ukir, Jumat (9 Juni 2023).

Raja Denpasar IX Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan IX lebar (wafat) dalam perawatan di RSUP Prof dr I GNG Ngoerah (RSUP Sanglah) pada Minggu (19/2/2023), dalam usia 79 tahun setelah berjuang melawan penyakit hati (sirosis). Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan lahir di Denpasar pada 15 Juni 1943. Semasih walaka bernama Ida Tjokorda Ngurah Mayun Samirana. Upacara palebon akan dilaksanakan pada Buda Pon Tolu, Sabtu (21 Juni 2023). 


Upacara malelet atau nyiramin layon dilangsungkan pada Soma Umanis Medangkungan, Senin (6/3/2023). Rangkaian upacara malelet dan palebon Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan selain diikuti oleh pasemetonan Puri Agung Denpasar, juga disertai oleh krama Banjar Belaluan Sadmerta dan Banjar Taman Yang Batu, Desa Adat Denpasar. Arak-arakan bade tumpang sebelas akan membawa layon Ida Tjokorda Ngurah Jambe Pemecutan menuju Setra Badung. Adapun sebanyak enam orang Pedanda akan memimpin upacara palebon nanti. 7

Komentar