nusabali

Sinergi Bangun Desa, Prodi MBI Politeknik Negeri Bali Gelar Pelatihan Pemasaran di BUMDes Sri Sedana Munduktemu

  • www.nusabali.com-sinergi-bangun-desa-prodi-mbi-politeknik-negeri-bali-gelar-pelatihan-pemasaran-di-bumdes-sri-sedana-munduktemu
  • www.nusabali.com-sinergi-bangun-desa-prodi-mbi-politeknik-negeri-bali-gelar-pelatihan-pemasaran-di-bumdes-sri-sedana-munduktemu
  • www.nusabali.com-sinergi-bangun-desa-prodi-mbi-politeknik-negeri-bali-gelar-pelatihan-pemasaran-di-bumdes-sri-sedana-munduktemu

TABANAN, NusaBali.com – Politeknik Negeri Bali melalui Jurusan Administrasi Bisnis (AB) Program Studi Sarjana Terapan Manajemen Bisnis Internasional (MBI) menggelar pelatihan pemasaran di BUMDes Sri Sedana Munduktemu, Pupuan, Tabanan, Sabtu (10/6/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di Wantilan Desa Munduktemu tersebut diikuti oleh 40 peserta, mulai dari Kelompok Tani, Pokdarwis, maupun Kelompok UMKM di lingkungan Desa Munduktemu.

Tak hanya itu, gelaran tersebut turut dihadiri oleh Perbekel Desa Munduk Temu, I Gusti Made Arsana, Pengawas BUMDes, I Nyoman Hery Susantha dan I Ketut Suardika, serta Manager BUMDes, Wayan Adi Sumahendra Yasa.

Ketua Pelaksana, Ni Putu Rita Sintadevi menjelaskan Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan bagian integral dalam Tri Dharma perguruan tinggi yang turut melibatkan dosen, mahasiswa maupun alumni dalam pelaksanaannya.

Pada kegiatan yang dilaksanakan tiap enam bulanan itu pun turut melibatkan alumnus Manajemen Bisnis Internasional, I Wayan Lanang Pastika yang telah berkecimpung pada dunia digital marketing dan content creator.

“Terlaksananya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan hasil diskusi bersama antara Dosen Manajemen Bisnis Internasional dengan Perbekel Desa Munduktemu, Kepala BPD Desa Munduktemu dan Manajer BUMDes Sri Sedana Munduktemu tentang kebutuhan mengenalkan produk dan mendapatkan pasar untuk produk-produk yang dihasilkan BUMDes maupun UMKM di Munduktemu,” terang Rita saat dikonfirmasi Senin (12/6/2023) siang.


Para peserta diberikan pelatihan terkait packaging, rebranding, digital marketing, dan pelayanan pelanggan untuk kemudian dapat diimplementasikan.

Pelatihan itu, diberikan oleh masing-masing narasumber yang hadir yakni dari Dosen Jurusan Administrasi Bisnis, Ni Putu Mahalina yang menjelaskan soal Bisnis Kopi, Packaging, Branding, dan dilanjutkan dengan pelatihan Business Model Canvas. Sedangkan, narasumber kedua, I Made Widiantara menerangkan soal pelayanan pelanggan.

Selama kegiatan pelatihan, terang Rita para peserta nampak antusias yang mana terlihat dari banyaknya peserta memberi pertanyaan pada sesi diskusi di setiap sesi.

Tak hanya itu, Rita mengungkapkan hasil kuisioner kepuasan mitra yang diisi pada akhir kegiatan menunjukkan bahwa peserta puas dengan kegiatan yang dilakukan. Ia juga berharap Pengabdian ini dapat memberi manfaat bagi perkembangan usaha BUMDes maupun UMKM di Desa Munduktemu.

“Besar harapan saya bahwa pengabdian ini dapat berkesinambungan dalam membantu BUMDes maupun UMKM Desa Munduktemu dalam bentuk pendampingan. Selain itu, melalui pengabdian ini diharapkan Politeknik Negeri Bali mendapatkan umpan balik dari masyarakat yang dapat menjadi bahan pengembangan ilmu pengetahuan lebih lanjut,” harapnya.


Dalam kesempatan yang sama, Kaprodi Manajemen Bisnis Internasional, Ketut Vini Elfarosa berharap, kegiatan Pengabdian oleh Politeknik Negeri Bali khusunya Jurusan Administrasi Bisnis, Program Studi Manajemen Bisnis Internasional ini dapat dilangsungkan secara berkala dan ke depan dapat memberikan dampak positif di masyarakat.

“Saya berharap dari kegiatan kami dapat bersinergi dengan masalah yang ada di masyarakat dan dapat memberikan solusi sesuai dengan ilmu dan kompetensi yang ada di Program Studi Manajemen Bisnis Internasional khususnys,” terangnya.

Senada dengan hal tersebut, Perbekel Desa Munduk Temu, I Gusti Made Arsana berharap ke depannya terus terjalin hubungan berkesinambungan antara Desa Munduktemu dengan Politeknik Negeri Bali, khususnya dalam hal pendampingan bisnis.

“Desa Munduktemu dan Politeknik Negeri Bali semoga dapat bersinergi dalam memajukan perekonomian desa Munduktemu melalui kerjasama dan kegiatan pendampingan yang berkelanjutan,” tandasnya. *ris

Komentar