nusabali

Pemerintah Desa Duda Hadiahi Beasiswa 3 SD

  • www.nusabali.com-pemerintah-desa-duda-hadiahi-beasiswa-3-sd
  • www.nusabali.com-pemerintah-desa-duda-hadiahi-beasiswa-3-sd

AMLAPURA, NusaBali - Pemerintah Desa Duda, Kecamatan Selat, Karangasem memberikan beasiswa kepada 3 SD (Sekolah Dasar) di desa setempat. Beasiswa untuk siswa berprestasi. Tiap angkatan ada 3 siswa, yakni siswa peraih juara I, II, dan III di tiap kelas.

Total penerima beasiswa untuk satu sekolah 18 siswa dan  3 SD sebanyak 54 siswa. Perbekel Duda I Wayan Dulur memaparkan hal itu saat membagikan beasiswa di SDN 1 Duda, Banjar//Desa Duda, Kecamatan Selat, Karangasem, Sabtu ((10/6).

Dulur mengatakan pemberian beasiswa itu, termasuk dalam program belanja barang dan jasa, sub belanja beasiswa berprestasi. Kata dia, siswa juara I mendapatkan biaya pendidikan Rp 350.000, juara II Rp 300.000 dan juara III 250.000, total untuk 54 siswa sebanyak Rp 16,2 juta. Saat membagikan beasiswa di SDN 1 Duda, turut mendampingi Perbekel I Wayan Dulur, Kasek SDN 1 Duda I Kadek Dana.

Sebelumnya, Kasek Kadek Dana merekomendasi 18 siswa yang berprestasi, masing-masing tiga siswa di tiap kelas. Untuk juara I di tiap kelas, masing-masing kelas I Made Ika Prisha, kelas I I Ketut Arta Wibawantara, kelas III Ni Kadek Akila Tresna Asih, kelas IV Ni Komang Tiara Pradnya Ningsih, kelas V Ni Ketut Thyas Yuanita Chandra dan kelas VI Ni Putu Nita Anantya.

“Ini beasiswa untuk siswa SD berprestasi baru pertama kali kami anggarkan. Tahun depan ada lagi kelanjutan program itu,” jelas I Wayan Dulur perbekel dari Banjar Padangtunggal Kauh, yang juga sebagai penyanyi Pop Bali, dengan nama Adi Guna.


Sedangkan peraih juara kelas di SDN 2 Duda, dominan perempuan, juara kelas I Putu Fajar Sugih Manik Mahatma, juara kelas II I Gusti Ayu Agung Trisna Asri, juara kelas III Gede Erra Ardhika, juara kelas IV Ni Putu Dyan Ayunindia, juara kelas V Ni Made Riska Wulandari dan juara kelas VI Ni Kadek Sentia Dewi. Juga tiap kelas, sebanyak 3 siswa dapat beasiswa. Bertindak sebagai Kasek I Wayan Tampa

Begitu juga siswa berprestasi di SDN 3 Duda, dominan perempuan. Hanya juara di kelas III pemenangnya siswa laki, atas nama I Komang Adiguna Aristanaya, selebihnya perempuan, dengan Kasek I Wayan Gede, di Banjar Jangu, Desa Duda.

“Saya amati, memang prestasi akademik beberapa tahun terakhir dominan dari perempuan. Bukan hanya SD, di tingkat SMP juga demikian,” jelas I  Wayan Dulu.

Kasek SDN 1 Duda I Kadek Dana  membenarkan hal itu. “Potensi di kalangan perempuan lebih berbakat di bidang akademik,” katanya. Padahal, lanjut dia, guru memberikan pembinaan, tidak pernah membeda-bedakan kepada semua siswa.

Adanya penghargaan beasiswa dari Pemerintah Desa Duda, kata Kade Dana, menjadikan siswa termotivasi untuk berprestasi lebih optimal. Siswa yang meraih juara berupaya akan mempertahankan gelar itu, sedangkan yang belum meraih peringkat tiga besar, berupaya menjadi yang terbaik.7k16

Komentar