nusabali

Lampu Strobo di Tol Bali Mandara Dikeluhkan

  • www.nusabali.com-lampu-strobo-di-tol-bali-mandara-dikeluhkan

MANGUPURA, NusaBali - Jasamarga Bali Tol (JTB) selalu pengelola Jalan Tol Bali Mandara memasang dua unit lampu strobo di dua titik ruas jalan tol.

Pemasangan lampu strobo itu sebagai salah satu upaya peningkatan keselamatan bagi pengendara yang melintas. Namun keberadaan lampu strobo justru menuai sorotan lantaran dinilai menyilaukan mata serta dekat dengan jalur pengendara sepeda motor.

Salah satu pengendara, Eka Setiawan, mengaku kurang nyaman dengan keberadaan lampu strobo di Tol Bali Mandara. Pasalnya lampu strobo bewarna biru itu terlalu menyilaukan mata dan mengganggu jarak pandang. Untuk itu, pria yang bekerja di hotel yang ada di Nusa Dua ini berharap ada kajian lebih lanjut terkait pemasangan lampu strobo itu.

“Lampu itu bikin silau, khususnya pengendara motor karena sangat dekat dengan jalur pengendara motor,” ucap Eka Setiawan.

Dia tidak memungkiri niat baik dari pemasangan lompu strobo oleh Jasamarga Bali Tol, tetapi sebagai pengendara yang sering lewat di jalan tol, keberadaan lampu strobo menjadi kurang bagus. “Kurang bagus saja. Pengalaman saya setiap lewat, ada semacam pandangan blang. Ya, cahayanya terlalu kuat,” aku Eka Setiawan.

Untuk itu, dia meminta pihak terkait mengevaluasi lagi pemasangan lampu strobo itu. Kalau niatannya untuk meningkatkan keselamatan, harusnya tidak merugikan pengendara itu sendiri. Selain itu, lanjutnya, sudah banyak rambu-rambu yang terpasang di sepanjang ruas jalan itu.

“Rambu kecepatan sudah ada semua. Biarkan rambu yang ada itu sebagai pengingat. Harapannya dievaluasi lagi dan segera dicabut,” harapnya.

Secara terpisah, Manager Operasional and Maintenance PT Jasamarga Bali Tol I Putu Gandi Ginantra, mengaku pemasangan lampu strobo itu bagian dari upaya Jasamarga Bali Tol dalam meningkatkan keselamatan pengendara, sehingga para pengendara yang melintas di jalan tol mengurangi kecepatan dan berhati-hati saat melihat lampu itu. “Bagian dari peningkatan keselamatan,” ucapnya.

Dari pantauan di lapangan ada dua titik pemasangan lampu strobo yang berada di jalur menuju gerbang tol Nusa Dua. Keberadaanya berdekatan dengan taman yang ada di sisi kiri dan kanan jalan tol. Lampu strobo itu mulai menyala ketika malam hari bersamaan dengan lampu penerangan jalan yang lain. 7 dar

Komentar