nusabali

Bupati Sanjaya Sabet Satya Lencana Wirakarya

Getol Memajukan Sektor Pertanian di Tabanan

  • www.nusabali.com-bupati-sanjaya-sabet-satya-lencana-wirakarya

TABANAN, NusaBali - Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya menyabet penghargaan Satya Lencana Wirakarya dari Kementerian Pertanian.

Penghargaan diserahkan langsung Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo ditandai dengan penyematan PIN Satya Lancana dalam kegiatan pembukaan Rembug Utama KTNA (Kelompok Tani Nelayanan Andalan) serangkaian PENAS (Pekan Nasional) Petani Nelayan Indonesia ke-XVI, di Lanud Sutan Sjahrir, Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu (10/6). 

Bupati Sanjaya ‘diganjar’ Satya Lencana Wirakarya karena dipandang telah berperan aktif dalam memajukan sektor pertanian, melalui program Mangun Tani Ngardi Kertaning Jagat dengan menerapkan kegiatan Bungan Desa (Bupati Ngantor di Desa). Program ini sebagai cara untuk memberikan solusi cepat atas permasalahan pertanian dan membangun kolaborasi bersama stakeholder pertanian, dalam upaya meningkatkan hasil produksi pertanian. Sehingga berhasil menjadikan Kabupaten Tabanan sebagai lumbung beras Provinsi Bali.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyatakan, bahwa penganugerahan Satya Lencana ini bukanlah hal main-main. "Saya gemetar ini, karena memberikan Satya Lencana secara langsung. Untuk saudara-saudara ketahui, bahwa penghargaan negara ini tidak main-main, melalui proses verifikasi yang sangat ketat, dan tidak semuanya bisa lolos, karena persyaratannya saudara harus bersih dan memikul tanggung jawab besar di kemudian hari,” ujar Yasin Limpo di sela-sela acara.

Atas keberhasilan meraih penghargaan Satya Lencana Wirakarya, Bupati Sanjaya menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Pemerintah Pusat. Penghargaan ini, juga dikatakan sebagai hasil dari kerja keras seluruh jajaran Pemkab dan juga seluruh elemen masyarakat. Selain itu, Sanjaya juga merasa bangga karena sebagai warga negara mampu memberikan dharma bakti kepada nusa dan nangsa, terlebih mampu menjadi tauladan bagi masyarakat. 

"Penghargaan ini adalah kerja keras dan hasil kolaborasi semua elemen yang ada di Tabanan,” ujar Ketua DPC PDIP Tabanan ini.

Sanjaya bersama komponen masyarakat Tabanan bertekad untuk terus membangun Tabanan menjadi lebih baik, agar Tabanan yang Aman, Unggul dan Madani bisa dicapai. “Serta tetap menjadikan Tabanan sebagai lumbung pangannya Bali, serta sebagai salah satu Kabupaten lumbung pangan nasional,” ujar Bupati Sanjaya.

Untuk diketahui, pengajuan dan verifikasi penerima penghargaan Satya Lencana ini telah dilaksanakan dari tahun 2022 lalu melalui tiga tahapan yang cukup panjang. Bupati Sanjaya kemudian masuk nominasi. Team pusat melakukan verifikasi faktual ke lapangan serta mendengarkan langsung pemaparan dari Bupati Sanjaya terkait dengan bidang yang akan diverifikasi.@ des

Komentar