nusabali

Pencuri Tebang Bambu Petung di TWA Penelokan

  • www.nusabali.com-pencuri-tebang-bambu-petung-di-twa-penelokan

BANGLI, NusaBali - Bambu petung hitam yang tumbuh di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Penelokan, Kecamatan Kintamani, Bangli, menjadi sasaran pencuri. Puluhan bambu petung ditebang di kawasan hutan itu, namun petugas berhasil mengamankan bambu tersebut.

Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi (KPHK) Kintamani, BKSDA Bali, Made Budi Adnyana Putra, membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, kejadian berawal itu diketahui saat tim dari Denpasar melakukan patroli di kawasan TWA Penelokan, Selasa (6/6). Saat patroli, petugas menemukan tebangan pohon bambu petung. "Saat dicek lebih lanjut, bambu yang sudah ditebang 31 batang ukuran 6 meter. Sedangkan tonggaknya atau bekas tebangannya ada 15," jelasnya Kamis (8/6).

Lanjutnya, aksi pencurian ini baru pertama kali terjadi di kawasan TWA Penelokan. Barang bukti berupa bambu petung masih ada di sekitar lokasi. Kini, diamankan petugas. "Kami telah menghubungi Polsek Kintamani untuk penanganan lebih lanjut," sebutnya. Made Budi mengaku petugas akan secara rutin berpatroli untuk mengantisipasi kejadian serupa ke depan.

Kapolsek Kintamani Kompol Ruli Agus Susanto mengaku masih melakukan olah TKP di sekitar lokasi.  "Iya pencurian bambu. Saya baru mendapat laporan dari petugas KSDA. Kami masih penyelidikan," ujarnya singkat. 7esa

Komentar