nusabali

Bupati Suwirta Kick Off Program Entrepreneur Masuk Desa

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-kick-off-program-entrepreneur-masuk-desa

SEMARAPURA, NusaBali - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan kick off program Entrepreneur Masuk Desa (EMD) di Balai Banjar Metulis, Desa Dawan Kaler, Kecamatan Dawan, Klungkung, Senin (22/5) sore.

Kegiatan ini digelar oleh Komunitas Kreatif Klungkung bekerja sama dengan Dinas Ketenagakerjaan Klungkung. Bupati Suwirta menjadi narasumber dalam seminar bertema ‘Penguatan Entrepreneur di Desa’ itu. 

Seminar diikuti Forum Perbekel se-Kecamatan Klungkung daratan, anggota PKK, Sekaa Teruna se-Desa Dawan Kaler, Karang Taruna, Pokdarwis, dan lainnya. Bupati Suwirta mengatakan, program EMD dirancang untuk melatih dan mengedukasi masyarakat desa dalam bidang kewirausahaan dan meningkatkan kualitas SDM di desa. 

Khususnya generasi muda supaya bisa menuju kemandirian secara ekonomi. Bupati Suwirta menceritakan, semua berawal dari kegiatan bedah desa karena menemukan banyak warga kurang mampu yang merasa nyaman menjadi KK miskin karena mendapatkan bantuan rutin dari pemerintah. “Padahal dalam keluarga ini banyak yang memiliki fisik sehat dan masih muda,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta mencoba melalui program EMD ini agar melahirkan entrepreneur desa yang bisa mengajak dan mengubah mindset warga agar mau berubah dan berusaha. Bupati meminta peserta mengikuti secara seksama setiap tahapan dan fokus untuk menjadi pengusaha. Bupati menugaskan Dinas Ketenagakerjaan mengawasi jalannya program-program pemberdayaan agar tidak hanya selesai sampai di output, namun sampai ke outcome. 

“Paling utama mampu mengubah mindset atau pola pikir seseorang agar tidak malas dan mau berubah menuju kemandirian secara ekonomi,” ujar Bupati Suwirta. 7 wan

Komentar