nusabali

Jaya Negara Tinjau Pembinaan Sekaa Gong Palegongan Duta Denpasar di PKB XLV

  • www.nusabali.com-jaya-negara-tinjau-pembinaan-sekaa-gong-palegongan-duta-denpasar-di-pkb-xlv

DENPASAR, NusaBali - Sekaa Gong Palegongan Ganeswara Banjar Ujung, Kelurahan Kesiman, Denpasar Timur, yang akan menjadi duta Kota Denpasar di gelaran Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV pada Juni – Juli mendatang, menjalani pembinaan oleh tim konsultan seni Kota Denpasar, di Jaba Grya Tegeh Banjar Ujung, Desa Adat Kesiman, Senin (22/5) malam.

Hadir dalam pembinaan tersebut Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Sekretaris Daerah Kota Denpasar IB Alit Wiradana, Kadis Kebudayaan Denpasar Raka Purwantara, Camat Denpasar Timur I Made Tirana, Bendesa Adat Kesiman I Ketut Wisna, Lurah Kesiman I Nyoman Nuada, konsultan seni Kota Denpasar, serta masyarakat.

Koordinator Sekaa Gong Palegongan Ganeswara IB Alit Indra Putra, mengatakan dalam rangka menyambut pelaksanaan PKB XLV tahun 2023, Sekaa Gong Palegongan Ganeswara ditujuk sebagai duta Kota Denpasar untuk menampilkan kesenian tabuh dan tari palegongan.

Dikatakannya, beberapa pertunjukan kesenian yang akan dibawakan Sekaa Gong Palegongan Ganeswara seperti Tabuh Petegak Cinglar, Tari Legong Bapang Durga, Tabuh Kreasi Bhawaning Jaladhi, dan Tari Legong Kreasi Aras Kembang Windhu yang menceritakan mitologi keberadaan Tukad Bindu.


“Kami berharap persiapan ini dapat berjalan lancar hingga pementasan di PKB nanti. Dan dengan dilaksanakannya pembinaan ini, kami dapat berbenah untuk menampilkan yang lebih maksimal saat pementasan di PKB nanti,” kata IB Alit Indra Putra.

Walikota Jaya Negara memberikan apresiasi atas semangat dan berbagai persiapan yang dilakukan oleh duta kesenian Kota Denpasar, khususnya pada Sekaa Gong Palegongan Ganeswara, Banjar Ujung, Kelurahan Kesiman, Desa Adat Kesiman. 

“Kami berharap kepada Sekaa Gong Palegongan Ganeswara dan duta kesenian Kota Denpasar lainnya yang akan berlaga di PKB agar dapat menjaga kesehatan jiwa dan raga, sehingga saat tampil nanti dapat memberikan hasil yang maksimal,” ujar Walikota Jaya Negara. 7 bin

Komentar