nusabali

381 Motor Listrik Subsidi Ludes Terjual, Jumlah Dealer Bertambah Drastis

  • www.nusabali.com-381-motor-listrik-subsidi-ludes-terjual-jumlah-dealer-bertambah-drastis

JAKARTA, NusaBali - Pemerintah telah menetapkan sejumlah kebijakan sebagai stimulus dari proses transformasi dari kendaraan berbahan bakar bensin ke kendaraan listrik atau electric vehicle (EV). Salah satunya ialah dengan menggelontorkan sejumlah insentif.

Terbaru, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melaporkan sebanyak 381 unit motor listrik subsidi telah terjual. Adapun data ini berdasarkan data situs Sisapira hingga 20 Mei 2023.

"Berdasarkan data situs Sisapira, hingga 20 Mei 2023, tercatat 381 unit motor listrik yang sudah laku terjual," kata Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Rachmat Kaimuddin, dalam Media Briefing, di Kuningan, Jakarta Selatan, seperti dilansir detikcom, Sabtu (20/5).

Adapun untuk motor sendiri, pemerintah menggelontorkan insentif senilai Rp 7 juta rupiah untuk setiap pembelian motor listrik atau sepeda motor yang dikonversi.

Tidak hanya peningkatan pembelian motor baru, Rachmat menyebutkan, permintaan motor konversi pun juga meningkat. Per 20 Mei, lebih dari 200 permohonan konversi sepeda motor BBM ke sepeda motor listrik.
Hal yang sama juga terjadi pada mobil listrik.

"Sementara untuk mobil listrik, Wuling Air EV dan Hyundai Ioniq 5 sudah memenuhi syarat TKDN 40 persen dan konsumen sudah bisa mendapatkan diskon PPN. Wuling bahkan mengalami kenaikan penjualan sebanyak 80% sejak insentif berlaku," tambahnya.

Peningkatan minat tidak hanya terlihat di sisi konsumen, Kemenko Marves juga mencatatkan peningkatan jumlah produsen motor listrik. Pada awal peluncuran program, hanya terdapat tiga produsen motor EV yang memenuhi syarat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 40 persen. Kini, jumlahnya meningkat pesat.

"Per 19 Mei 2023, 252 dealer dari 10 produsen motor listrik telah terverifikasi dan siap memfasilitasi penjualan kendaraan motor listrik dengan bantuan pemerintah," kata Rachmat.

Rachmat mengatakan, per 16 Mei 2023 ada 18 tipe motor listrik dari 10 produsen yang ikut berpartisipasi dalam program bantuan motor listrik. Peningkatan pun juga terlihat pada penyedia layanan konversi motor bensin ke listrik.

"Sementara untuk program motor konversi per 17 Mei 2023, terdapat 6 bengkel konversi yang terdaftar di platform digital Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)," imbuhnya. 7

Komentar