nusabali

SMPN 2 Amlapura Cegah Siswa Ribut, Tiap Ruang Kelas Dipasangi CCTV

  • www.nusabali.com-smpn-2-amlapura-cegah-siswa-ribut-tiap-ruang-kelas-dipasangi-cctv

AMLAPURA, NusaBali - SMPN 2 Amlapura memasang CCTV (Closed Circuit Television) atau kamera pengintai di 19 ruang kelas sekolah setempat. Dengan alat ini, guru lebih mudah memantau kondisi ruang kelas.

Tiap ruang kelas rata-rata berisi 40 siswa. "Saya pasang CCTV sejak Oktober 2022 untuk memantau kegiatan siswa di ruang kelas. Dengan alat ini, tidak lagi ada siswa ribut saat jam-jam pelajaran kosong," jelas Kasek SMPN 2 Amlapura, Kadek Wirawan, di ruang kerjanya, Jumat (19/5).

Wirawan memaparkan di SMPN 2 Amlapura memiliki 33 rombongan belajar, kelas VII, kelas VIII dan kelas IX masing-masing 11 kelas. Jumlah ini dengan pendukung 19 ruang kelas. Maka, sekolah memberlakukan pembelajaran double shift.

Sejak dipasang CCTV, kata Wirawan, siswa lebih tertib, tidak berkeliaran di jam-jam tidak ada guru mengajar di ruang kelas. Rencana ke depan, sekolah juga akan memasang speaker di tiap ruang kelas agar lebih mudah memanggil siswa.

Kata Wirawan, CCTV sangat berguna meskipun hanya sebatas gambar video, tidak merekam suara. Terpenting, dari alat ini bisa memantau aktivitas siswa. Bukan saja, di dalam ruang kelas, di luar ruangan juga terpantau CCTV, mulai dari halaman sekolah, di antara gedung dan belakang sekolah. Sehingga tidak ada siswa yang berani membully siswa lain. "Semuanya jadi nyaman, mengingat banyaknya siswa tidak mungkin mampu memantau secara fisik, sehingga memerlukan bantuan CCTV," tambahnya.

Kabid Pembinaan SD dan SMP Disdikpora Karangasem I Gusti Bagus Jaya Arsana mengapresiasi inovasi SMPN 2 Amlapura, dengan pasang CCTV hingga siswa lebih tertib. Dengan alat ini guru pembina dapat kemudahan memantau aktivitas siswa. "Ini inovasi awal yang baik, hendaknya sekolah lain bisa menirunya demi tertib di sekolah," harapnya.

Kata dia, CCTV memiliki banyak fungsi, di antaranya, meningkatkan keamanan, mencegah terjadinya kriminal dan kejahatan, merekam dan menampilkan video secara langsung, menjaga aset, sebagai barang bukti tindak kejahatan. "Makanya CCTV itu bisa berfungsi untuk memantau aktivitas dan mencegah terjadinya insiden, bisa saja siswa hendak berkelahi, karena terpantau CCTV, bisa kita cegah," jelas Jaya Arsana.7k16

Komentar