nusabali

Mengenal Komang Andini Tria Amanda yang Wakili Bali Sebagai Paskibraka Nasional 2023

Berharap Masuk Pasukan Delapan, Mantapkan Cita-cita Jadi Polwan

  • www.nusabali.com-mengenal-komang-andini-tria-amanda-yang-wakili-bali-sebagai-paskibraka-nasional-2023

Andini tak menampik Paskibraka merupakan kegiatan yang melelahkan, namun Paskibraka bisa membentuk karakter kepemimpinan, menjadi pribadi yang tegas dan disiplin.

DENPASAR, NusaBali
Siswi SMA Negeri 9 Denpasar, Komang Andini Tria Amanda,15, akan mewakili Bali sebagai anggota Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) Nasional pada peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di halaman Istana Merdeka Jakarta, 17 Agustus 2023 nanti. Andini, sapaan akrabnya, berharap terpilih masuk pasukan delapan yang bertugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih. 

Postur siswi kelas X-2 yang mencapai 173 centimeter ini jadi awal Andini terpilih sebagai angggota paskibraka di sekolahnya. Padahal ia mengaku dengan postur menjulang dibanding teman-teman sebayanya tidak terbersit untuk mengikuti kegiatan Paskibraka. Nyatanya, Andini kemudian melahap setiap proses seleksi mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga tingkat provinsi yang akan membawanya ke Istana Negara. 

"Bangga dan tidak menyangka saya bisa sampai nasional. Awalnya hanya berpikir bisa sampai tingkat provinsi tapi Tuhan berkehendak lain," kata Andini saat ditemui di sekolahnya SMAN 9 Denpasar, Jumat (19/5). Tidak sengaja masuk Paskibraka, Andini kini justru jatuh hati dengan dunia baris berbaris. Ia mengaku awalnya berminat menjadi dokter, namun berkat prestasinya kali ini, ia mantap menyebut bercita-cita masuk kepolisian menjadi Polwan (polisi wanita).

Alumnus SMP Negeri 3 Denpasar ini tidak menampik paskibraka merupakan kegiatan yang melelahkan baik secara fisik maupun mental. Namun, menurutnya mengikuti kegiatan paskibraka telah membentuk karakter kepemimpinannya, di samping juga melatih diri menjadi pribadi yang tegas dan disiplin. "Tantangannya lebih ke fisik, mental, persiapan baris berbarisnya, dan juga wawasan kebangsaannya," ujar dara berambut panjang ini mengenai proses seleksi paskibraka. 

Foto: Kiri: Komang Andini Tria Amanda ditemui di sekolahnya, Jumat (19/5). -SURYADI. Kanan: Komang Andini Tria Amanda (paling depan) saat seleksi. -IST

Andini mengungkapkan sebelum menjalani proses karantina menjelang bertugas pada peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI nanti, ia akan berlatih bersama dengan teman-temannya yang lain di Paskibraka tingkat Provinsi Bali. Andini berharap di Jakarta nanti dapat mengemban tugas dengan sebaik-baiknya dan mengharumkan nama Bali, sekolah dan keluarganya. Ia pun berharap bisa masuk tim inti Paskibraka Nasional 2023. "Ingin masuk pasukan delapan, pembawa baki," ujarnya. 

Kepala Sekolah (Kasek) SMAN 9 Denpasar I Gusti Ngurah Oka Arjawa SPd MPd menyampaikan rasa bangga atas capaian yang diraih salah satu siswanya. Ia mengungkapkan dua siswanya berhasil masuk seleksi Paskibraka hingga tingkat provinsi. Namun hanya Andini yang terpilih masuk paskibraka nasional. 

Oka Arjawa mengatakan, sebagai sekolah yang baru berdiri pada tahun 2020 prestasi yang diraih kali ini tentunya sangat disyukuri. Ia berharap capaian yang diraih Andini bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman di sekolahnya. "Semoga nanti akan muncul lagi generasi-generasi selanjutnya yang bisa menjadi Paskibraka tingkat nasional," ujar Oka Arjawa didampingi Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kesiswaan SMAN 9 Denpasar I Made Priyana Ginada SH MPd. 


Wakasek Priyana Ginada menambahkan ekstrakurikuler paskibraka di sekolahnya diselenggarakan karena melihat bakat dan minat yang dimiliki beberapa siswanya. Sebagai sekolah yang baru berdiri Priyana mengatakan penting buat sekolahnya menggali potensi-potensi yang dimilikinya. "Ternyata bakatnya bagus-bagus semua," ujarnya. Ia mengatakan pihak sekolah kemudian merekrut profesional-profesional di bidang paskibraka untuk membina bakat yang dimiliki para siswanya tersebut. 

Keberhasilan Andini lolos sebagai anggota Paskibraka nasional wakil Bali juga membuat catatan tersendiri. Sebab hasil yang diperolehnya ini sangat membanggakan dan mengharukan, mengingat sejak tahun 2010 lalu Kota Denpasar belum pernah mewakili Provinsi Bali untuk masuk di tingkat nasional. "Kami sangat bangga setelah melalui proses yang begitu panjang akhirnya perwakilan putra-putri Denpasar terpilih menjadi calon Paskibraka Provinsi Bali dan calon Paskibraka Nasional untuk mewakili Bali," ujar Kabid Idwasbang Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Denpasar Ida Bagus Andika Manuaba. 

Seperti diberitakan sebelumnya Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali telah menyelesaikan seleksi siswa-siswi SMA/SMK/sederajat yang akan mewakili Provinsi Bali menjadi anggota Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) Nasional pada peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di halaman Istana Merdeka Jakarta, 17 Agustus 2023 nanti. Made Guruh Anggara Putra,16, (siswa SMA Negeri 1 Semarapura, Klungkung) dan Komang Andini Tria Amanda,15, (siswi SMA Negeri 9 Denpasar) meraih poin tertinggi pada proses seleksi yang berlangsung selama tiga hari 15-17 Mei 2023 bertempat di GOR Lila Bhuana, Jalan Melati, Denpasar. 7 cr78 

Komentar