nusabali

Siswa di Klungkung Dapat Kesempatan Berwirausaha

  • www.nusabali.com-siswa-di-klungkung-dapat-kesempatan-berwirausaha

SEMARAPURA, NusaBali.com – Serangkaian Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Klungkung memberikan kesempatan para siswa untuk berwirausaha membuka stand makanan di Alun-Alun Ida I Dewa Agung Jambe, Semarapura, Klungkung, Senin (15/5/2023) hingga Rabu (17/5/2023).

Para siswa tersebut sudah membuka stand dari pagi hingga malam hari dengan menjual aneka jajanan buatan mereka.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Klungkung, I Ketut Sujana menerangkan selain memperlihatkan pameran hasil pembelajaran siswa di sekolah, pihaknya pun menyediakan 45 stand kuliner untuk para siswa agar bisa berwirausaha.

“Jika hanya ada pameran saja tanpa kuliner kurang ramai, maka dari itu kami berkolaborasi dengan berapa UMKM dan juga para siswa di masing-masing sekolah untuk mengisi stand kuliner. Ini adalah kolaborasi kami setelah menonton pameran, ada mainan dan juga kuliner,” ujar Sujana, Selasa (16/5/2023) sore.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, salah satu siswi yang juga membuka stand dalam gelaran ini, Isprilya Hayu Ningdiah mengungkapkan rasa senangnya. Sebab, dengan diberikannya kesempatan untuk siswa berwirausaha, ia berani mencoba membuat hal baru seperti membuat produk aneka jajanan.

Ia melanjutkan, yang tak kalah penting yaitu para siswa bisa belajar mengelola keuangan dengan keuntungan yang mereka dapatkan.

“Selain itu kreativitas juga terasah, yang paling penting adalah jiwa kerjasama, kolaborasi dan sudah pasti ini sudah tergolong dalam 6 ciri profil pelajar Pancasila,” terang wanita yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Osis Satya Kumara SMPN 2 Semarapura itu.

Dalam satu hari, terang Isprilya pihaknya bisa mendapat keuntungan sampai Rp 600.000 rupiah. Sehingga ia berharap ke depannya event seperti ini dapat terus berjalan setiap tahunnya.

“Semoga event berikutnya ada hal yang lebih menarik lagi di sini agar dapat membuat wisatawan ataupun masyarakat tertarik berkunjung ke sini lebih banyak lagi,” pungkasnya. *ris

Komentar