nusabali

Dinas PKP Gelar Lomba Cipta Menu Pangan Lokal

  • www.nusabali.com-dinas-pkp-gelar-lomba-cipta-menu-pangan-lokal

BANGLI, NusaBali - Lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumber pangan lokal digelar di seputaran Alun-alun Bangli, Senin (15/5). 

Lomba dibuka Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta. Lomba bertujuan untuk meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan atau menciptakan menu berbasis sumber daya lokal dan bernilai komersial.

Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli I Wayan Sarma mengatakan lomba ini digelar dalam rangka meningkatkan pengetahuan. Penting juga  untuk pemahaman masyarakat tentang konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA).

Kata Sarma menu yang dilombakan, yakni makanan pembuka, makanan pokok dan makanan penutup. Pilihan kategori, menu anak dan menu dewasa dari pangan lokal.


Peserta 10 kelompok dari masyarakat umum, siswa SMK di Kabupaten Bangli, dan Kelompok Wanita Tani (KWT).

"Untuk penjurian kami menggandeng Indonesia Chef Asosiatian (ICA) Kabupaten Bangli, Dinas kesehatan, dari unsur PKK Kabupaten Bangli," kata dia.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta mengingatkan, untuk pemenuhan kebutuhan pangan seyogyanya tidak hanya ditekankan pada aspek kuantitas, namun juga kualitas, keragaman pangan dan keseimbangan gizi. Keragaman dan keseimbangan konsumsi pada tingkat keluarga akan menentukan kualitas konsumsi dan individu, asupan makanan sesuai dengan prinsip konsumsi pangan B2SA.

Bupati mengharapkan masyarakat mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga. Dengan membudidayakan berbagai jenis tanaman sesuai kebutuhan keluarga, seperti aneka umbi  umbian, sayuran, buah dan lain-lain. "Melalui lomba cipta menu pangan lokal ini bisa meningkatkan kualitas konsumsi pangan lokal di Kabupaten Bangli," ujar bupati asal Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli ini. 7esa

Komentar