nusabali

Antisipasi Peredaran Narkoba, Polsek Selemadeg Timur Sasar Sekolah

  • www.nusabali.com-antisipasi-peredaran-narkoba-polsek-selemadeg-timur-sasar-sekolah

TABANAN, NusaBali - Untuk mencegah peredaran narkoba di kalangan pelajar, Polsek Selemadeg Timur mendatangi SMPN 1 Selemadeg Timur pada Sabtu (13/5). Kegiatan ini akan dilakukan terjadwal menyasar sejumlah sekolah.

Dalam aksi ‘polisi masuk sekolah’ tersebut Kapolsek Selemadeg Timur AKP I Ketut Budiarsana memaparkan bahaya  narkotika. Ada sejumlah narkoba yang paling umum disalahgunakan mulai dari kokain, ganja, ekstasi, heroin, methamphetamine

"Beberapa narkoba memiliki manfaat jika digunakan untuk tujuan medis dengan dosis yang tepat dan dalam pengawasan dokter. Namun, jika disalahgunakan, jenis-jenis narkoba justru dapat membahayakan nyawa," tegasnya. 

Dia mengurai ciri-ciri fisik pemakai narkoba seperti mata bergerak dengan cepat dan seperti tersentak-sentak. Meningkatnya produksi keringat, suhu tubuh menjadi lebih tinggi, gerakan tubuh mengalami tremor atau seperti tersentak-sentak. Lalu berkurangnya nafsu makan dan berat badan. 

Selain itu, kata AKP Budiarsana, gigi pengguna akan mengalami kerusakan dan sering mengalami euforia  yang berlebihan. Sering menggaruk atau mencungkil rambut dan kulit luka. 

"Hukuman bagi pecandu dan pengedar narkoba diatur dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika yang mana dalam UU tersebut mengatakan bahwa pecandu dan pengedar dapat dikenai sanksi pidana penjara, denda, rehabilitasi medis dan sosial, hingga pidana mati," paparnya. 

Untuk itu dia pun meminta kepada seluruh siswa jangan sekali-kali menyentuh obat terlarang tersebut. Lebih baik tingkatkan potensi diri atau maksimalkan pembelajaran. "Ikuti kegiatan positif mulai dari pengembangan diri maupun meningkatkan bakat," pesan AKP Budiarsana. 

Selain memberikan ceramah tentang narkoba AKP Budiarsana juga mengimbau kepada para siswa untuk selalu patuh dan taat pada peraturan berlalu lintas di jalan raya. 

"Mari kita semua disiplin dan taati peraturan berlalu lintas, pakailah helm pengamanan saat berkendara, patuhilah rambu rambu lalu lintas, dan kelengkapan administrasi berkendara serta kelengkapan tehnis kendaraan. Kecelakaan kerap terjadi diawali dengan adanya pelanggaran," tandasnya. 

Sementara itu  Kepala Sekolah SMPN 1 Selemadeg Timur  I Nengah Sumeyasa  menyampaikan apresiasinya terhadap langkah Polsek Selemadeg yang telah berkenan turun langsung ke sekolah untuk memberikan pengetahuan kepada para siswa. 

"Kami sangat berterimakasih adanya pengetahuan tentang bahaya Narkoba dan disiplin berlalu lintas. Semoga hal ini bisa dilaksanakan rutin untuk menyelamatkan generasi muda kita dari bahaya narkoba," kata Sumeyasa. 7des

Komentar