nusabali

Demokrat Daftarkan Caleg Serentak

DPC Denpasar ‘Puputan’ Bidik 9 Kursi, Karangasem Target 5 Kursi

  • www.nusabali.com-demokrat-daftarkan-caleg-serentak

DENPASAR, NusaBali - Partai Demokrat mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) secara serentak dari tingkatan DPR RI, Provinsi dan kabupaten/kota ke KPU, Sabtu (13/5).

Di Kota Denpasar, DPC Demokrat siap ‘puputan’ (habis-habisan,red) bertarung mewujudkan 9 kursi DPRD Denpasar di Pemilu 2024. Sementara DPC Demokrat Karangasem membidik 5 kursi dewan di Gumi Lahar.

Saat mendaftar, kader dan simpatisan Demokrat Denpasar melakukan long march dari Kantor DPC Demokrat di Jalan Juanda, Niti Mandala menuju Kantor KPU Denpasar, di Jalan Puputan, Niti Mandala Denpasar, yang jaraknya hanya 500 meter.

Adalah Ketua DPC Demokrat Anak Agung Ketut Asmara Putra alias Gus Cilik yang memimpin langsung pendaftaran di KPU. Yang menarik, pendaftaran dilakukan dengan ‘riang gembira’ berbalut parade budaya. Ada sosok Hanoman diringi baleganjur mengantarkan rombongan Partai Demokrat menuju KPU Denpasar.

Ketua DPC Demokrat, Gus Cilik melakukan penyerahan berkas, diterima Ketua KPU Kota Denpasar I Wayan Arsa Jaya didampingi komisioner lainnya. Usai penyerahan berkas pendaftaran, Gus Cilik menegaskan seluruh kader Demokrat solid memenangkan Pemilu 2024 mendatang. “Sebagai seorang ksatria, kami siap puputan bertarung mewujudkan 9 kursi DPRD Denpasar. Pada Pemilu 2019 kita merebut 4 kursi, nanti kita optimis meningkat 5 kursi sehingga tembus 9 kursi,” urai Wakil Ketua DPRD Denpasar ini.

Gus Cilik juga menegaskan, DPC Demokrat makin kompak walaupun sempat diterpa gaduh dengan pengunduran diri Anggota Fraksi Demokrat DPRD Denpasar, Anak Agung Gede Putra Ariewangsa dan Anak Agung Susruta Ngurah Putra yang loncat ke partai lain. Ariewangsa nyaleg ke DPRD Denpasar lewat PDI Perjuangan, sementara Susruta dikabarkan nyaleg DPRD Denpasar lewat Partai Golkar. “Tetapi adanya oknum-oknum yang loncat partai dan plintat-plintut itu, nggak pengaruh bagi kader kita. Buktinya kami di Demokrat Denpasar solid, bahkan caleg yang kita daftarkan jumlahnya 100 persen sesuai dengan kuota 45 kursi DPRD Denpasar,” ujar Gus Cilik.

“Kami juga komitmen, dalam pencalegan di Demokrat tidak ada mahar politik. Semuanya dilaksanakan dengan seleksi murni, mengacu dengan potensi caleg. Nggak ada bayar membayar tiket caleg,” imbuh Gus Cilik.

Gus Cilik yakin, dengan kepemimpinan Ketum Agus Hari Muti Yudhoyono (AHY) Demokrat bangkit mengembalikan kejayaan partai di Pemilu 2009 silam. “AHY sosok yang dekat dengan milenial. Sosok yang santun, cerdas, berwibawa  sehingga Demokrat bisa mendapatkan dukungan kalangan anak-anak muda,” tegas Ketua Padangsambian Bersatu ini. 


Sementara Demokrat Karangasem mendaftarkan caleg ke Sekretariat KPU Karangasem di Jalan Bhayangkara Amlapura, Sabtu (13/5) pukul 15.00 Wita. Pendaftaran diiringi Penari Hanoman dengan long march dari depan Gedung Mall Pelayanan Publik UKM Center, Jalan Gajah Mada menuju Sekretariat KPU, menempuh jarak sekitar 150 meter. Ketua DPC Demokrat I Komang Wirawan yang langsung mengkoordinasikan pendaftaran.  Rombongan DPC Demokrat Karangasem diterima Ketua KPU Ngurah Gede Maharjana didampingi para komisioner lainnya.

Selanjutnya Wirawan menyerahkan berkas, kepada Ketua KPU Ngurah Maharjana.  Setelah diverifikasi, Ngurah Maharjana mengumumkan berkas Demokrat lengkap sebanyak 45 caleg, dan kuota perempuan juga terisi lengkap sebanyak 30 persen. "Berkas Demokrat, kami nyatakan lengkap, jumlah caleg di enam dapil 45 caleg, terisi lengkap sesuai kuota kursi DPRD Karangasem," kata Ngurah Maharjana.

Wirawan usai pendaftaran mengatakan membidik 5 kursi DPRD Karangasem di Pemilu 2024. "Kami siap merebut kursi untuk memenuhi satu fraksi, yakni 5 kursi. Sedangkan di tahun 2019, hanya merebut 2 kursi, tinggal menambah 3 kursi lagi," jelas Anggota Komisi. mis,nat, k16

Komentar