nusabali

Di Grup Neraka, Indonesia, Harus Intens Persiapkan Diri

  • www.nusabali.com-di-grup-neraka-indonesia-harus-intens-persiapkan-diri

MALANG, NusaBali - Mantan pelatih Arema FC Joko Susilo menilai Indonesia di grup neraka dalam drawing Piala Asia 2023. Mantan asisten pelatih Timnas itu juga mengungkapkan, hasil undian harus menjadi motivasi lebih bagi Skuad Garuda untuk menyiapkan diri.

"Memang wajar jika terdengar nada pesimistis setelah pembagian grup ini. Hal ini juga tak terlepas dari lawan-lawan yang akan dihadapi Indonesia," ucap Joko Susilo, Sabtu (13/5).

"Hal ini justru harus menjadi motivasi bagi Timnas Indonesia untuk mempersiapkan diri lebvih baik agar bisa menunjukkan penampilan terbaik mereka," kata Joko lagi.

Menurut Joko, di atas kertas, lawan-lawan Indonesia di Grup D posisinya di atas mereka. Namun, hal ini bukan berarti Skuad Garuda bakal menjadi bulan-bulanan dalam perjalanan mereka.

"Justru, mereka harus bisa mengubah pesimisme menjadi optimisme. Caranya? Mereka harus kerja keras," tutur Joko, kepada bola.net.

Menurut Joko, secara statistik, lawan yang akan dihadapi Indonesia pada jauh lebih unggul dari skuad besutan Shin Tae Yong tersebut. Karenanya, menurut pelatih berlisensi AFC Pro tersebut, mereka harus menyiapkan diri sebaik mungkin.

"Karenanya, mau tidak mau, Indonesia harus bekerja keras. Kita harus mempersiapkan diri sebaik mungkin dan meningkatkan level permainan," kata Joko Susilo.

 Indonesia menempati Grup D Piala Asia 2023. Skuad Garuda satu grup bersama dengan Irak, Jepang, dan Vietnam. Gelaran ini akan dihelat di Qatar, 12 Januari sampai 10 Februari 2024 mendatang.

Sepanjang sejarah ajang ini, Indonesia sempat empat kali berlaga di Piala Asia. Namun, dalam perjalanan mereka pada Piala Asia 1996, 2000, 2004, dan 2007, Indonesia hanya sampai di Babak Grup. *

Komentar