nusabali

Road Show dalam Program Menyapa dan Berbagi, TP PKK Tabanan dan Provinsi Bali Kolaborasi di Tabanan

  • www.nusabali.com-road-show-dalam-program-menyapa-dan-berbagi-tp-pkk-tabanan-dan-provinsi-bali-kolaborasi-di-tabanan

TABANAN, NusaBali - PKK Provinsi Bali dan PKK Kabupaten Tabanan berkolaborasi dalam road show aksi sosial dalam Program Menyapa dan Berbagi. Setelah membantu masyarakat di Kecamatan Pupuan, aksi serupa juga dilakukan di Kecamatan Tabanan, Sabtu (13/5).

Masyarakat yang dibantu, yakni di Banjar Kamasan, Desa Dajan Peken yang kemudian dilanjutkan di Balai Banjar Sakenan Belodan, Desa Dajan Peken. Setelah itu, berlanjut di Banjar Tegal Baleran, Desa Dauh Peken dan terakhir di Wantilan Yeh Gangga, Desa Sudimara.

Bantuan yang diserahkan pun sama dengan masyarakat di Kecamatan Pupuan, yakni masing-masing desa memperoleh 1 ton beras, 50 krat telur, 80 kotak susu untuk balita dan 80 kotak susu untuk lansia, ibu hamil, penyandang disabilitas dan kader PKK. Bahkan turut pula dilaksanakan penyerahan secara simbolis, bantuan bibit ayam sebanyak 70 ekor dan bibit tanaman jenis sayur-sayuran sebanyak 500 pohon dari Kadis Pertanian dan Ketahanan Provinsi Bali ,kepada Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan.

Dalam aksi sosial ini, PKK Provinsi Bali yang langsung dikomandani Ny Putri Suastini Koster juga memboyong perangkat daerah terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali, mulai dari Direktur Utama RS Mata Bali Mandara dan Ketua Pengurus Daerah IBI Provinsi Bali. Karena dalam Program ‘Menyapa dan Berbagi’ ini juga diselipkan pemeriksaan kesehatan mata dan pemeriksaan IVA mencegah kanker untuk perempuan. 

Putri Suastini Koster berharap, bantuan yang diberikan bisa memberikan manfaat yang maksimal, baik dalam segi kesehatan maupun kesejahteraan, terutama kesejahteraan pangan. “Selain bantuan, juga ada sosialisasi terkait kesehatan bagi ibu hamil agar anak-anak nanti tidak terlahir stunting," tegasnya. 


Dalam kesempatan itu, tak hanya menekankan penanganan stunting Putri Suastini Koster juga menyosialisasikan pelestarian busana adat Bali. “Dengan semakin intensnya kita memakai kebaya, saya minta mari kita kembalikan tatanan kebaya sesuai dengan estetika dan etika kita anak Bali. Mari kita perlihatkan jati diri kita, dimulai dari cara kita berbusana yang anggun, simple dan menampilkan estetika serta kesopanan,” ujar perempuan asal Desa Padangsambian, Kaja, Denpasar Barat ini.

Menyambut sinergitas program yang berkesinambungan itu, Rai Wahyumi Sanjaya siap jadi garda terdepan, melibatkan dinas terkait di Tabanan, serta kader PKK se-kecamatan di Tabanan, untuk ikut bergerak bersama menyukseskan kolaborasi tersebut. “Roadshow ini sudah berlangsung sejak kemarin di Kecamatan Pupuan, sekarang ini berlanjut di Kecamatan Tabanan, bantuan juga sudah didistribusikan dan diberikan langsung bagi para penerima bantuan dan manfaatnya sudah barang tentu bisa dirasakan bersama,” ujar Rai Wahyuni. 

“Apalagi pemberian bantuan ini tidak hanya pangan, tapi juga ada berbagai jasa layanan kesehatan, seperti yang berlangsung hari ini, ada operasi mata katarak gratis di puskesmas 3 Tabanan," imbuh Rai Wahyuni.

Dukungan dan kesiap-siagaan, dinyatakan Rai Wahyuni akan terus diberikan, guna mewujudkan keberhasilan program bantuan ini. Dengan kolaborasi yang dijalankan, pihaknya berharap dapat memberikan manfaat, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Tabanan. @des

Komentar