nusabali

Tiga Parpol Daftarkan Bacaleg ke KPU Badung

  • www.nusabali.com-tiga-parpol-daftarkan-bacaleg-ke-kpu-badung

MANGUPURA, NusaBali - Tiga partai politik (parpol) mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Badung, Kamis (11/5). Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan menjadi yang pertama, disusul Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Nasdem.

Pendaftaran bacaleg PDIP ke KPU Badung kemarin dikomandoi langsung oleh Ketua DPC PDIP Badung I Nyoman Giri Prasta dengan iringan parade budaya. Ratusan simpatisan dan kader PDIP memadati areal gedung sementara KPU Badung yang terletak di sebelah Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung.

Sebelum menyerahkan daftar bacaleg, simpatisan dan kader berkumpul terlebih dahulu di DPC PDIP Badung yang tak jauh dari Puspem Badung. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sambil unjuk parade budaya menuju KPU Badung. Sekitar pukul 09.00 Wita, DPC PDIP resmi menyerahkan berkas bacaleg.

“Kami hari ini (kemarin) melaksanakan pendaftaran bakal calon DPRD Kabupaten Badung. Tadi sudah dicek oleh KPU Badung, astungkara pendaftaran dari PDIP sudah lengkap dan benar,” ujar Giri Prasta.

Foto: Pendaftaran
bacaleg oleh PKS Badung. -INDI

Pada Pileg 2024, Giri Prasta menargetkan menambah jumlah kursi di DPRD Badung, dari saat ini 28 menjadi 30-31 kursi. “Astungkara, target kita harus meningkat,” tegasnya.

Setelah PDIP, giliran PKS yang mendaftarkan bacalegnya. Pendaftaran dipimpin langsung Ketua DPD PKS Badung, Rusdi Juanda. Pada laga Pileg 2024 ini PKS Badung mendaftarkan bacalegnya pada tiga dapil potensial yakni dapil Kuta, Kuta Utara, dan Kuta Selatan. Tiga dapil ini, dari perolehan Pileg 2019 menyumbang suara cukup signifikan. “Kami mendaftar di tiga dapil ini karena cukup potensial. 

Dari perolehan 2019, di Kuta Selatan kita sudah punya basis suara cukup signifikan. Kalau bicara target, kami menarget setiap dapil minimal satu kursi,” kata Rusdi Juanda.

Kemudian, Partai Nasdem mendaftar sekitar pukul 11.00 Wita. Sekretaris DPD Partai Nasdem Badung I Gede Suardika, mengatakan Partai Nasdem mendaftarkan 45 bacaleg sesuai dengan jumlah kursi pada Pileg 2024. Namun disinggung soal target, Nasdem berpikir cukup realistis, yakni setiap dapil minimal satu kursi. Mengingat dari jumlah kursi yang diperoleh pada Pileg 2019 hanya satu kursi.

Foto:  Pendaftaran
bacaleg oleh Partai Nasdem Badung. -INDI

“Untuk target kursi, kami di Badung menargetkan setiap dapil harus ada. Minimal 4 kursi, dari sebelumnya 1 kursi. Kami optimis karena sekarang kader kami di masing-masing dapil sudah bisa kami nilai. Dan dengan semangat, cukup bersinergi di lapangan. Target kemenangan di Mengwi, Abiansemal, dan Kuta Selatan,” kata Suardika.

Sementara itu, Ketua KPU Badung I Wayan Semara Cipta, menjelaskan sejauh ini baru tiga partai yang mendaftarkan bacalegnya yakni PDIP, PKS, dan Partai Nasdem. Sedangkan untuk partai lain, pihaknya hingga saat ini masing menunggu konfirmasi dari masing-masing LO partai. “Hingga saat ini, sementara yang sudah konfirmasi akan mendaftar tanggal 12 Mei adalah Partai Gelora, tanggal 14 Mei Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Buruh,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Kayun ini lebih lanjut mengatakan, terkait tahapan pengajuan bakal calon DPRD Badung oleh parpol, KPU Badung akan memedomani tahapan yang telah ditetapkan oleh KPU RI, yang mana berlangsung 1-14 Mei 2023. Sedangkan pada 14 Mei 2023 yang merupakan hari terakhir, akan dilakukan penerimaan hingga pukul 23.59 Wita. 7 ind

Komentar