nusabali

Sapi Juara Kontes Dipamerkan di Alun-alun Bangli

  • www.nusabali.com-sapi-juara-kontes-dipamerkan-di-alun-alun-bangli

BANGLI, NusaBali - Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli memamerkan sapi peraih juara kontes ternak Sapi Bali di Alun-alun Bangli, Rabu (10/5).

Wakil Gubernur (Wagub) Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, didampingi Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, meninjau sapi-sapi pemenang kontes serangkaian HUT ke-819 Kabupaten Bangli.

Kepala Dinas PKP Bangli I Wayan Sarma mengatakan dalam kontes ini ada empat katagori,  yakni bibit jantan, bibit betina, pedet jantan, dan pedet betina. Proses penilaian sebelumnya sudah terlaksana di tingkat Kecamatan dan dilanjutkan di Kabupaten.

Adapun point penilaian untuk bibit jantan yakni umur, tinggi pundak, panjang badan, lingkar dada dan lingkar scrotum. Kemudian untuk bibit betina, pedet jantan dan pedet betina meliputi umur, tinggi pundak, panjang badan, dan lingkar dada.

"Berdasarkan hasil penilaian sudah ditentukan para pemenang. Sapi yang memenangkan kontes dipamerkan di Alun-alun Bangli," jelasnya.

Sapi yang dipamerkan adalah pemenang pertama dari masing-masing katagori.

Lanjutnya, untuk pemenang dalam katagori bibit jantan dimenangkan peternak I Wayan Sumiarta dari Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, bibit betina dimenangkan peternak I Nengah Suta asal Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku.

Katagori pedet jantan dimenangkan peternak I Wayan Purnawan asal Desa Belantih, Kecamatan Kintamani dan pedet betina dimenangkan peternak, I Nengah Sutama asal Desa Demulih, Kecamatan Susut.

"Bagi para pemenang kontes, disiapkan juara pertama bibit jantan dan betina masing-masing Rp 25 juta, juara kedua Rp 10 juta dan juara ketiga Rp 6.250.000. Sedangkan untuk pedet jantan dan betina, juara pertama Rp 15 juta, juara kedua Rp 10 juta, dan juara ketiga Rp 6.250.000," ungkapnya.

Disinggung terkait pelaksanaan kontes tahun depan, Wayan Sarma mengatakan kontes akan dilaksanakan kembali. Terlebih lagi, Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta antusias untuk pengembangan Sapi Bali.

Keberadaan sapi di areal Alun-alun Bangli cukup menjadi perhatian para pengunjung maupun warga yang melintas. "Melihat semangat beliau Bapak Bupati yang begitu antusias, kontes kemungkinan akan berkelanjutan," ujarnya.7esa.

Komentar