nusabali

Beasiswa Pendidikan Indonesia kembali Dibuka

  • www.nusabali.com-beasiswa-pendidikan-indonesia-kembali-dibuka

JAKARTA, NusaBali - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka pendaftaran program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) 2023 dalam rangka memperluas akses pendidikan bagi anak bangsa.

“Salah satu semangat yang terus kami usung dalam Merdeka Belajar adalah memberikan hak untuk mendapatkan pendidikan berkualitas kepada seluruh masyarakat Indonesia,” kata Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim di Jakarta, Selasa (2/5).

BPI adalah program beasiswa pemerintah Indonesia yang dikelola oleh Kemendikbudristek melalui pendanaan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). BPI merupakan program beasiswa Kemendikbudristek yang diberikan kepada siswa, insan kebudayaan, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan, untuk meraih gelar pada jenjang yang lebih tinggi.

Pada 2021 Kemendikbudristek memberikan beasiswa kepada lebih dari 2.000 penerima dan meningkat pada 2022 menjadi 4.000 penerima, yang meliputi pelajar berprestasi, pelaku budaya, guru, tenaga kependidikan, serta dosen, untuk melanjutkan pendidikan di dalam maupun luar negeri.

Untuk tahun ini pendaftaran BPI dibuka pada 2 Mei 2023 dengan pendanaan untuk jenjang S1 hingga S3, baik pendidikan kesarjanaan dan keprofesian maupun pendidikan non-gelar.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbudristek Suharti mengatakan BPI telah berhasil membiayai 6.236 penerima yang sekarang sedang menjalankan studi di berbagai perguruan tinggi pada berbagai jenjang baik di dalam maupun luar negeri dengan 89,1 persen menempuh studi di dalam negeri dan 10,9 persen di luar negeri.

Kepala Balai Pembiayaan Pendidikan Tinggi Anton Rahmadi menjelaskan garis besar penerimaan BPI yaitu dana pendidikan, dana pendukung, dan biaya pendukung (penyandang disabilitas).

Jadwal pendaftaran BPI tujuan perguruan tinggi luar negeri berlangsung pada 2 sampai 31 Mei 2023, sedangkan tujuan dalam negeri berlangsung pada 2 Mei sampai 30 Juni 2023. Terdapat tujuh Program BPI bergelar yaitu Beasiswa Calon Guru SMK (S1), Beasiswa Pelaku Budaya (S1—S3), Beasiswa Indonesia Maju (S1—S3) secara mandiri, dan Beasiswa Perguruan Tinggi Akademik (S2—S3). 

Kemudian juga Beasiswa Perguruan Tinggi Vokasi (S2—S3), Beasiswa Pendidik dan Tenaga Kependidikan (S2—S3), dan Dosen LPTK/Pendidikan Profesi Guru (S3).

Untuk informasi lebih lanjut para calon penerima beasiswa dapat mengakses kanal resmi, seperti laman www.beasiswa.kemdikbud.go.id, surel [email protected] , dan media sosial @awardee_bpi. 7 

Komentar