nusabali

Mantan Kepala Kesbangpol Tarung ke Senayan

Agung Sudarsana Tidak Sanggup Bersaing di Parpol

  • www.nusabali.com-mantan-kepala-kesbangpol-tarung-ke-senayan

DENPASAR, NusaBali - Pendaftaran Calon DPD RI untuk Pemilu 2024 memunculkan tokoh yang mantan birokrat. Mantan Kepala Badan Kesbangpol Pemprov Bali I Gusti Ngurah Agung Sudarsana mendaftar sebagai Calon DPD RI ke KPU Bali, Jalan Cokorda Agung Tresna, Niti Mandala Denpasar, Sabtu (6/5) siang.

Sudarsana memilih tarung DPD RI karena persaingan calon legislatif melalui partai politik (parpol) sangat berat.

Sudarsana adalah tokoh asal Puri Keramas, Desa Keramas, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar. Sudarsana sebelumnya pengalaman sebagai birokrat di Pemprov Bali pada era Gubernur Bali Made Mangku Pastika (2008—2013, 2013-2018) dan Gubernur Wayan Koster (2018-2023). Agung Sudarsana yang baru dua tahun lalu pensiun, sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Biro Aset, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kepala Dinas Perhubungan, hingga terakhir menjabat sebagai Kepala Badan Kesbangpol.

Sudarsana mengaku maju DPD RI karena dorongan tokoh dan masyarakat. Dirinya tidak memilih tarung melalui parpol untuk Pileg 2024. Karena persaingannya ketat di berb agai tingkatan. “Maju nyaleg lewat partai politik saingannya luar biasa berat. Bertarung dengan ratusan caleg dari 18 partai politik. Jadi saya memilih yang ringan dulu maju DPD RI,” ujar Sudarsana.

Sudarsana yang kini siap-siap turun sosialisasi ke masyarakat mengatakan tetap optimis bisa lolos. Dia mengaku punya kewajiban untuk berusaha mendulang dukungan suara. Namun semuanya kembali kepada Tuhan. “Kita punya kewajiban untuk berusaha dengan maksimal. Soal peluang lolos ke senayan kembali kepada urusan Ida Sanghyang Widhi Wasa,” ujar Ketua Umum Pasemetonan Sri Nararya Kepakisan Provinsi Bali ini. 

Selain Agung Sudarsana, Calon DPD RI yang sudah mendaftar adalah Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna, incumbent DPD RI dua periode, Ainun Ni’Am tokoh new comer, serta Made Widhi Darma tokoh new comer. Ada 18 bakal calon DPD RI yang sebelumnya telah memenuhi syarat dukungan minimal. Pendaftaran Calon DPD RI dibuka sejak 1 sampai 14 Mei.

Sejumlah calon kawakan yang belum mendaftar yakni incumbent Bambang Santoso, Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra mantan Walikota Denpasar, I Wayan Geredeg, mantan Bupati Karangasem dua periode, Gede Suardana, mantan Ketua KPU Buleleng.

Lainnya ada, Agung Bagus Arsadhana Linggih yang merupakan putra dari Anggota Fraksi Golkar DPR RI Gede Sumarjaya Linggih alias Demer. Kemudian ada I Ketut Hari Suyasa, I Ketut Putra Ismaya Jaya, I Ketut Wisna, I Komang Merta Jiwa, I Made Kerta Suwirya, I Wayan Sedang, I Wayan Sukayasa, Ni Luh Putu Ary Pertami Djelantik dan Putu Wahyu Widiartana.n nat

Komentar