nusabali

Panitia Undang Tukang Terang, Antisipasi Hujan Bubarkan Acara HUT Bangli

  • www.nusabali.com-panitia-undang-tukang-terang-antisipasi-hujan-bubarkan-acara-hut-bangli

Panitia belum tahu berapa banyak akan melibatkan tukang terang. Panitia masih mencari tukang terang yang mau ngayah untuk HUT Bangli. 

BANGLI, NusaBali
Rangkaian kegiatan HUT ke-819 Kabupaten Bangli akan segera dimulai. Sejumlah acara dirancang untuk meramaikan HUT Bangli. Guna mengantisipasi acara bubar karena hujan lebat, panitia akan melibatkan tukang terang atau pawang hujan.

Cara tersebut diambil sebagai bagian dari pendekatan niskala, selain sekala. Ketua Panitia HUT Bangli Dewa Agung Suryadarma, mengatakan sebagian besar acara HUT Bangli dipusatkan di Alun-alun Bangli. Selain ada upaya secara sekala, panitia tetap mengutamakan sisi niskala. Secara sekala, misalnya menyediakan tenda. Hanya saja, tidak semua jenis acara terlihat bagus jika pelaksanaannya di bawah tenda.

"Contohnya saat kontes anjing Kintamani, 6 Mei. Tahun lalu memang menggunakan tenda, karena acaranya digelar pagi hingga siang hari, sehingga cuacanya panas. Untuk tahun ini kami upayakan di sore hari. Jadi kami tetap menyediakan tenda besar untuk pendaftaran. Tenda ini hanya sebagai antisipasi, apabila nanti saat acara tiba-tiba turun hujan," jelasnya, Kamis (4/5).

Begitu pula acara yang bersifat pertunjukan. Sejatinya lebih bagus dilaksanakan di tempat terbuka. Seperti, tari kolosal pada puncak HUT Bangli, 10 Mei, atau Drama Gong Legend Bangli pada 15 Mei.

Agung Suryadarma menilai, pertunjukan memadukan video tron sebagai latar belakang. Dengan itu, jika dipasangi tenda besar di panggung, maka background video tron tertutup. "Bila tidak dipasangi tenda, maka dikhawatirkan hujan. Inilah alasannya kami tetap mengupayakan sisi niskala agar acara berjalan lancar," ujar Kasatpol PP Bangli ini.

Kata dia, panitia belum tahu berapa banyak akan melibatkan tukang terang. Panitia masih mencari tukang terang yang mau ngayah untuk HUT Bangli ke-819 ini. "Kalau memang masyarakat kita berniat ikut ngayah, tentu kami berikan kesempatan," sebutnya.7esa

Komentar