nusabali

Ny Antari Jaya Negara Resmikan Perpustakaan Keliling ‘Ayang Ebeb’

  • www.nusabali.com-ny-antari-jaya-negara-resmikan-perpustakaan-keliling-ayang-ebeb

DENPASAR, NusaBali - Aparat Kelurahan Peguyangan bersama Bunda Literasi Kelurahan Peguyangan, Kecamatan Denpasar Utara, melakukan inovasi dengan membuat Perpustakaan Keliling (Pustakeling) Kelurahan Peguyangan Edukasi dan Berbagi (Ayang Ebeb).

Peresmian ini dilaksanakan di SDN 03 Peguyangan bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional pada Selasa (2/5). Pustakeling Ayang Ebeb ini nantinya akan melakukan jemput bola mengunjungi beberapa tempat dengan membawa buku-buku yang dibawa menggunakan sepeda.

Pustakeling Ayang Ebeb diresmikan oleh Bunda Literasi Kota Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara didampingi Kepala Balai Bahasa Provinsi Bali Valentina Lovina Tanate, yang ditandai dengan penancapan Kayonan Wayang. 

Ny Antari Jaya Negara menyampaikan pentingnya upaya bersama dalam menggeser stigma membaca di perpustakaan adalah hal yang membosankan.  

"Sering kali anak-anak ataupun masyarakat masih menganggap perpustakaan sebagai sebuah tempat yang membosankan dan hanya dikunjungi oleh ‘Si Kutu Buku’. Pandangan ini harus kita geser bahwa perpustakaan merupakan tempat yang menarik dan tidak membosankan," kata Ny Antari Jaya Negara. 

Dia menambahkan saat ini budaya membaca tidak hanya dilakukan duduk di sebuah ruangan, tetapi juga bisa dilakukan di ruang terbuka. “Melalui Pustakeling Ayang Ebeb ini diharapkan dapat menumbuhkan budaya literasi di masyarakat Kota Denpasar pada umumnya serta masyarakat Peguyangan khususnya. Untuk itu melalui semangat vasudhaiva kutumbakam mari bersama-sama budayakan literasi guna terwujudnya Kota Denpasar maju (makmur, aman, jujur, dan unggul),” ujar Ny Antari Jaya Negara. 

Bunda Literasi Kelurahan Peguyangan Ny Dian Ekawati Arcana,  menyampaikan Pustakeling Ayang Ebeb ini diadakan karena terinspirasi dari perpustakaan keliling edukasi dan berbagi era baru. Pustakeling ini juga akan menjadi media sosialisasi tentang berbagai program, serta membagikan isu-isu strategis pembangunan. 7 bin

Komentar