nusabali

Walikota Terima Penghargaan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Berkinerja Tertinggi Nasional

Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII Tahun 2023 di Makassar

  • www.nusabali.com-walikota-terima-penghargaan-penyelenggaraan-pemerintahan-daerah-berkinerja-tertinggi-nasional

DENPASAR, NusaBali - Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama 10 kota lainnya di Indonesia menerima Penghargaan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Berkinerja Tertinggi Nasional pada puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) XXVII tahun 2023 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, di Ajungan Pantai Losari, Makassar, Sabtu (29/4).

Penghargaan diberikan setelah melalui tahapan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) 2023. Hasilnya Kota Denpasar menempati peringkat 5 besar secara nasional. Hasil evaluasi tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri No 100.2.1.3-1109 Tahun 2023 tentang Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Tahun 2022. Evaluasi ini menghasilkan 3 provinsi, 10 kabupaten, dan 10 kota terbaik nasional.

Upacara peringatan Hari Otonomi Daerah yang dipimpin Mendagri Tito Karnavian, dihadiri Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, para bupati/walikota seluruh Indonesia. Hadir juga Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana. 

Kota Denpasar menempati peringkat 5 untuk kota terbaik di Indonesia di bawah Kota Semarang, Surabaya, Surakarta, dan Bogor. Selanjutnya di bawah Denpasar berturut-turut Kota Makassar, Serang, Tangerang, Medan, dan Pare Pare.

Walikota Jaya Negara didampingi Sekda Alit Wiradana dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Dewa Gede Rai, menyampaikan Pemkot Denpasar  terus berkomitmen untuk menyelenggarakan sistem kepemimpinan yang jujur, mengayomi, dan adil.

Sistem pemerintahan di Denpasar mengalami banyak transformasi dan inovasi dengan spirit sewaka dharma dan vasudhaiva kutumbakam atau melayani adalah kewajiban serta bergotong royong dan menyama braya.

Walikota Jaya Negara menyebut penghargaan yang diterima harus menjadi pemantik bagi seluruh jajarannya untuk terus komitmen memajukan daerah. Menurutnya, inovasi dan kreasi baik dalam bentuk kebijakan maupun segala bentuk outputnya terhadap daerah harus selalu ditingkatkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. 

“Terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Kota Denpasar. Saya berterima kasih kepada Kementerian Dalam Negeri karena sudah memberikan penghargaan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Berkinerja Tertinggi Nasional pada puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVII tahun 2023 di Makassar. Ini merupakan tantangan bagi Pemkot Denpasar untuk bisa terus meningkatkan kinerja menjadi lebih baik lagi untuk kepentingan masyarakat,” ujar Walikota Jaya Negara. @ mis

Komentar