nusabali

KOI Minta Emas Cabor Tambahan

Peserta World Beach Games Bahas Persiapan di Bali

  • www.nusabali.com-koi-minta-emas-cabor-tambahan

Okto mengaku dirinya belum memastikan target keseluruhan tim Indonesia. Namun yang pasti Indonesia ikut di seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan.

NUSA DUA, NusaBali
Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari menginginkan agar pemain Indonesia meraih medali emas terutama di dua cabang olahraga tambahan dari KOI dalam ANOC World Beach Games (AWBG) 2023.

Sebelumnya, Raja Sapta menyebut ada 10 pertandingan yang sudah pasti, dan terdapat tambahan empat pertandingan. Indonesia mengajukan bola basket 3x3 dan air badminton.

"Kalau air badminton memang ikonnya kita, kalau basket ada permintaan, nanti kita lihat, saya maunya menang. Kami mau Indonesia dapat medali emas," kata Okto, panggilan Raja Sapta, Oktohari, di Badung, Bali, Sabtu (29/4).

Di sela-sela pertemuan chef de mission (CdM) negara peserta ANOC World Beach Games ke-2 itu, Okto mengaku dirinya belum memastikan target keseluruhan tim Indonesia. Namun yang pasti Indonesia ikut di seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan.

"Jadi di ANOC World Beach Games yang dimandatkan 10 pertandingan, kemudian ada dua permainan tambahan. Dari sisi kita (KOI) dan dua dari ANOC, jadi ada 14, tim Indonesia akan ikut di semua pertandingan," ujar Okto.

Untuk pertandingan air badminton, Okto menyampaikan tim yang akan turun dari Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), sehingga teknisnya dipersiapkan PBSI. Adapun 10 cabor yang diamanatkan yaitu renang perairan terbuka 5 km, polo air pantai, sepak bola pantai, bola tangan pantai, karate kata perseorangan, tenis pantai, aquathlon, voli pantai, selancar layang, dan gulat pantai.

Dua pertandingan tambahan dari ANOC adalah dayung dan selancar, di mana nantinya seluruh pertandingan akan dilaksanakan di Pulau Dewata.
"Untuk lokasi sudah kita tentukan juga, ada beberapa klaster yaitu klaster Nusa Dua, Jimbaran, dan Canggu. Sepenuhnya di Bali," kata Okto, yang juga Ketua Penyelenggara ANOC World Beach Games ke-2 dengan Indonesia sebagai tuan rumahnya.

Sementara itu, Sebanyak 69 pemimpin negara peserta ANOC World Beach Games 2023 berkumpul di Bali untuk melakukan seminar chef de mission (CdM) dengan pembahasan mengenai teknis dan persiapan pertandingan yang akan digelar Agustus mendatang.

Di Kawasan ITDC Nusa Dua, Kabupaten Badung, Okto juga mengatakan tahap seminar CdM dilakukan setelah sebelumnya dua kali melakukan pertemuan teknis dengan delegasi. Seminar CdM dihadiri 69 negara secara langsung dan ada juga secara daring sebanyak 38 negara. “Pembahasannya tentunya teknis tentang persiapan dan pelaksanaan ANOC World Beach Games ke-2," kata Okto.

Sementara melihat seluruh persiapan Indonesia sebagai tuan rumah, Sekretaris Jenderal ANOC Gunilla Linberg mengaku yakin bahwa pertandingan internasional ini akan berjalan baik di Bali.

"Tentu saya yakin, seluruh persiapan mereka di Bali selaku tuan rumah itu fantastis dan semua pantai punya infrastruktur, punya hotel dengan pelayanannya. Setiap orang senang ada di sini, kita punya kerja sama yang bagus, ada waktu 3 bulan persiapan untuk menyelesaikan, kita optimistis," kata Gunilla. ant

Komentar