nusabali

Meriahkan HUT Ke-819 Kabupaten Bangli, Pemkab Siapkan Puluhan Stand UMKM

  • www.nusabali.com-meriahkan-hut-ke-819-kabupaten-bangli-pemkab-siapkan-puluhan-stand-umkm

Berkaca dari pelaksanaan acara yang sama sebelumnya, ada pelaku UMKM kabur dan tidak membayar sewa stand.

BANGLI, NusaBali
Pemkab Bangli menyiapkan puluhan stand UMKM untuk penjualan makanan maupun kerajinan untuk memeriahkan HUT ke-819 Kabupaten Bangli. Meski kegiatan HUT Bangli belum diumumkan secara resmi, rupanya sudah banyak peminat untuk menyewa stand tersebut.

Ketua Rise Of Bangli (ROB) I Wayan Wahyu Pramana mengatakan HUT Bangli kali ini disiapkan 65 stand. Stand tersebut untuk UMKM food (makanan) 40 tenda dan 25 tenda untuk UMKM lain.  "Sejauh ini sudah ada sejumlah UMKM yang mendaftar. Untuk UMKM Binaan tercatat 12 pendaftar. Sedangkan UMKM di tenda berbayar tercatat ada 53 pendaftar. Di antaranya, 38 stand food dan 15 UMKM lainnya," jelasnya, Jumat (28/4).

Harga sewa tenda untuk UMKM food dipatok Rp 7,5 juta. Sedangkan UMKM non food Rp 6,5 juta. "Harga yang disediakan ini standar, para UMKM diberi kesempatan  berdagang selama 20 hari," ungkapnya.

Kata Wahyu Pramana, untuk fasilitas UMKM food disediakan meja dan kursi, sedangkan UMKM non food tidak. Adanya perbedaan harga antaran keduanya, karena UMKM food lebih banyak menggunakan listrik. "Para UMKM ini mulai berjualan pada 9 Mei hingga 27 Mei mendatang. Tenda yang disediakan berukuran 3 meter x 3 meter dengan fasilitas listrik full day," sambungnya.

Sebelum membuka stand UMKM, pihaknya akan menggelar technical meeting pada 2 Mei 2023. Pada technical meeting ini para pelaku UMKM bisa membayar biaya sewa baik secara lunas ataupun memberikan uang muka. Pihaknya memberlakukan pembayaran di awal. Berkaca dari pelaksanaan acara yang sama sebelumnya, ada pelaku UMKM kabur dan tidak membayar sewa stand. "Kami berikan kelonggaran melunasi sewa tenda hingga hari kedua jualan. Kami perketat aturan pelunasan sewa, karena di tahun sebelumnya ada pedagang yang kabur tidak bayar sewa tiga tenda," bebernya.

Selain tenda berbayar, pada peringatan HUT Bangli ini disediakan pula tenda gratis bagi UMKM binaan Bangli. Lokasinya di Lapangan Tenis Alun-alun Bangli. UMKM binaan ini dari tiga instansi yakni dari Dinas Koperasi, Disperindag, dan RKB Telkom Bangli. "Masing-masing instansi maksimal ada 10 UMKM. Nantinya mereka gabung di satu tenda besar," sebutnya. 7esa

Komentar