nusabali

Timnas U-22 Digenjot Latihan Dua Kali Sehari

Kapten Tim SEAG Ditentukan Lewat Hasil Psikotes

  • www.nusabali.com-timnas-u-22-digenjot-latihan-dua-kali-sehari

PHNOM PENH, NusaBali - Tiba di Kamboja pada Selasa (25/4) siang waktu setempat, Timnas Indonesia U-22 kembali melakukan persiapan untuk SEA Games 2023. Pelatih Timnas U-22 Indra Sjafri menggelar latihan dua kali sehari bagi Witan Sulaeman dkk di Phnom Penh pada Rabu (26/4).

"Alhamdulillah kami sudah tiba di Kamboja dengan kondisi baik. Kami memutuskan untuk menjalankan latihan di lapangan sebanyak dua kali," kata Indra Sjafri.

Dari 20 pemain Timnas U-22 yang dibawa Indra Sjafri ke SEA Games 2023, satu di antaranya adalah Alfeandra Dewangga, yang akan melakoni pesta olahraga Asia Tenggara (ASEAN) keduanya.

Dewangga jadi pilar timnas U-23 di SEA Games 2021 Vietnam ketika hanya meraih medali perunggu. Untuk edisi kali ini, bek 21 tahun itu berjanji akan berjuang lebih maksimal.

"Saya dalam kondisi baik dan tidak ada masalah. Insyaallah saya dan rekan-rekan siap bekerja keras dan fokus demi raihan prestasi terbaik di SEA Games 2023," kata Dewangga.

Bek Timnas U-22 lainnya, Ilham Rio Fahmi juga sangat berhasrat mengakhiri dahaga paceklik medali emas dengan mendulangnya di SEA Games 2023. Dia melupakan penghargaan di Liga 1 karena sudah berlalu. Fahmi pun akan fokus membantu tim meraih target medali emas.

"Untuk persiapan, alhamdulillah berjalan lancar. Apa yang diinstruksikan pelatih Indra Sjafri, insyaallah akan kami jalankan," kata Rio Fahmi, yang juga pemain muda terbaik Liga 1 2022/2023.

Sementara itu, Penunjukkan kapten Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 akan ditentukan dari hasil psikotes. Nama favorit Rizky Ridho atau Witan Sulaeman belum pasti menjadi kapten.

Rizky Ridho diyakini menjadi kapten karena mengemban kepercayaan itu saat Timnas U-22 melawan Lebanon belum lama ini. Selain itu Witan juga layak menjadi kandidat mengingat kiprah panjangnya bersama Timnas.

Namun pelatih Indra Sjafri menepis anggapan itu dan akan menunjuk kandidat terbaik berdasarkan hasil psikotes yang digelar di Jakarta, beberapa hari sebelum ke Kamboja. Menurut Indra Sjafri, semua pemain punya kesempatan yang sama dipilih menjadi kapten tim. Timnas U-22 berkekuatan 20 pemain yang terpilih masuk skuad final SEA Games.

"Kami akan melihat dari sisi psikologi. Kami sudah dapat semua hasil (psikotes) dari 20 pemain itu. Tujuannya bagaimana pelatih memperlakukan mereka karena karakter tiap manusia berbeda. Kami ingin dengan tepat memperlakukan dia (pemain)," kata Indra Sjafri.

Psikotes untuk melihat sisi-sisi kepribadian pemain yang tidak terlihat kasat mata. Diharapkan ditemukan sosok-sosok yang punya kriteria paling tepat untuk menjadi kandidat kapten Timnas U-20.

Timnas U-22 ditargetkan PSSI meraih medali emas. Pasalnya, sudah 32 tahun medali emas SEA Games gagak direbut sejak keberhasilan timnas senior berdiri di podium utama dalam pesta olahraga Asia Tenggara (ASEAN) itu di Filipina pada 1991. 

Timnas U-22 tergabung di Grup A SEA Games 2023 bersama tuan rumah Kamboja, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Garuda Muda akan memulai perjuangannya di SEA Games 2023 dengan melawan Filipina U-22 dalam partai pertama Grup A di Olympic Stadium, Phnom Penh, Sabtu (29/4). *

Pemain Timnas SEA Games 2023 

Kiper: Ernando Ari Sutaryadi, Adi Satryo

Bek: Bagas Kaffa, Komang Teguh, Ilham Rio Fahmi, Muhammad Ferarri, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Haykal Alhafiz, Pratama Arhan

Gelandang: Taufany Muslihuddin, Marselino Ferdinan, Beckham Putra, Ananda Raehan Alief, Fajar Fathurrahman, Jeam Kelly Sroyer, Witan Sulaeman

Penyerang: Titan Agung, Ramadhan Sananta, Irfan Jauhari

Komentar