nusabali

Kawasan Dermaga Sanur Kerap Macet, Pemkot Rancang Pembuatan Kantong Parkir

  • www.nusabali.com-kawasan-dermaga-sanur-kerap-macet-pemkot-rancang-pembuatan-kantong-parkir

DENPASAR, NusaBali - Kawasan Dermaga Sanur, Denpasar Selatan kerap dilanda kemacetan parah setiap kali libur akhir pekan maupun libur nasional. Bahkan, hal itu menyebabkan kemacetan hingga ke kawasan Titi Banda di Desa Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur.

Kemacetan tersebut disebabkan karena banyak kendaraan yang lalu lalang menuju dan dari Dermaga Sanur yang terlalu padat. Juga beberapa kendaraan wisatawan yang akan berkunjung ke Pantai Sanur. Apalagi Dermaga Sanur menjadi primadona bagi wisatawan yang akan menyeberang ke Nusa Penida. 

Terkait kemacetan yang kerap terjadi, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan pihaknya sudah menugaskan Dinas Perhubungan Kota Denpasar untuk melakukan rekayasa kemacetan.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga sudah turun ke lapangan untuk mencari penyebab kemacetan tersebut. Dan menurut Arya Wibawa, penyebab kemacetan tersebut adalah kendaraan yang menjemput tamu di sepanjang Jalan Baypass Ngurah Rai.

“Untuk evaluasi kami sudah langsung turun dan mencari penyebab kemacetan. Ternyata penyebabnya parkir kendaraan yang menjemput tamu di sepanjang Jalan Bypass Ngurah Rai,” jelas Arya Wibawa.

Kata Arya Wibawa, pihaknya akan mencarikan solusi agar bisa membuat kantong parkir sehingga tak ada menaikkan dan menurunkan wisatawan di pinggir jalan. Yang menjadi kesulitan saat ini, tanah yang berada di sepanjang Jalan Baypass Ngurah Rai tersebut adalah milik perorangan.

Sehingga pihaknya akan berupaya melakukan pendekatan. “Santrian punya lahan di sana juga, dan ada rencana mereka membuat kawasan parkir terpadu, tapi itu masih ada ruang diskusi terpadu untuk mengatasi hal itu,” ungkapnya.

Arya Wibawa mengatakan jika hal tersebut bisa diwujudkan maka kemacetan tersebut bisa diatasi. “Kalau bisa diwujudkan, kami akan libatkan PD Parkir di sana, otomatis bisa mengurangi parkir di sepanjang Baypass, itu penyebab parkir yang parah,” tegasnya. 7 mis

Komentar