nusabali

Ingin Juara, Kalahkan El Real Dulu

Depak Bayern, City Tantang Madrid di Semifinal

  • www.nusabali.com-ingin-juara-kalahkan-el-real-dulu

Semua klub tahu jika ingin memenangkan gelar juara Liga Champions, maka harus mengalahkan Real Madrid. Sebab, mereka penguasanya, dengan 14 kali gelar juara.

MUNICH, NusaBali
Manchester City kembali ke semifinal Liga Champions musim ini. Manajer City Pep Guardiola pun menegaskan, jika ingin juara harus kalahkan Real Madrid dulu. Sebab, Los Blancos adalah penguasa Liga Champions, dengan 14 kali gelar juara. Ya, jumlah dua kali lebih banyak dari tim manapun.

"Saya merasa kami akan melihat mereka.  Semua klub tahu jika ingin memenangkan Liga Champions, maka harus mengalahkan Real Madrid," kata Guardiola yang pernah menangani rival berat Real Madrid di LaLiga, Barcelona.

The Citizens tembus semifinal setelah menyingkirkan Bayern Munchen, agregat 4-1. Pada laga leg kedua, City menahan Bayern 1-1 di Allianz Arena, Kamis (20/4) dinihari Wita. Pada leg pertama di Etihad Stadium, membuat City melibas Bayern 3-0.

Musim lalu,  City kalah 3-5 secara dramatis oleh raksasa Spanyol tersebut. Leg pertama, City menan 4-3 di Etihad. Pada leg kedua di Santiago Bernabeu, City kalah 1-3 usai kebobolan dua gol di ujung laga lewat Rodrygo dan Karim Benzema. Real Madrid kemudian juga mengalahkan Liverpool di final. 

Tetapi City tampil berbeda tahun ini, terutama dengan kehadiran striker 48 gol, Erling Haaland. Menurut gelandang City Bernardo Silva, Erling Haaland adalah pemain spesial, pemain yang berbeda dari apa yang dimiliki tim di masa lalu. DIa menilai Haaland tidak butuh banyak sentuhan. Dia seperti bayangan selama 85 menit dan menyentuh bola sekali dan itu jadi gol. 

“Ketika tim memiliki pemain spesial dalam serangan itu membuat kami merasa lebih nyaman di belakang,"kata pemain asal Portugal itu.
Kapten City Kevin De Bruyne menilai timnya memang layak ke semifinal. Kedigdayaan dalam dua laga kontra Bayern jadi bukti City punya hasrat lebih besar. 

Pemain Belgia itu menuturkan, City dapat memanfaatkan setiap momentum baik itu saat pertemuan pertama dan leg kedua. City dinilai mampu mengatasi tekanan dengan baik dan bertahan juga baik, saat ada momen sulit.

Man City kurang beruntung musim lalu, karena kalah secara agregat 5-6 dari sang raksasa Spanyol. Man City menang 4-3 pada leg pertama, kemudian kalah 1-3 di pertemuan kedua.

 “Apa yang terjadi tahun lalu, sudah terjadi. Saya pikir kami bermain sangat baik dalam dua laga dan semuanya berubah dalam lima menit terakhir,” kata De Bruyne.

Kini City punya kesempatan besar melakukan revans atas Real Madrid. City akan melakoni laga tandang lebih dulu di Santiago Bernabeu pada 9 Mei 2023. Lalu di kandang sendiri pada leg kedua, di Etihad Stadium pada 16 Mei 2023. *
 
Susunan Pemain

Bayern Muenchen (4-2-3-1): Yann Sommer; Benjamin Pavard (Josip Stanisic 77'), Dayot Upamecano, Matthijs de Ligt, Joao Cancelo (Alphonso Davies 63'); Joshua Kimmich, Leon Goretzka; Leroy Sane (Sadio Mane 63'), Jamal Musiala (Thomas Muller 71'), Kingsley Coman; Eric Choupo-Moting (Mathys Tel 71').

Manchester City (3-2-4-1): Ederson; Manuel Akanji, Ruben Dias, Nathan Ake (Aymeric Laporte 66'); John Stones, Rodri; Bernardo Silva, Kevin De Bruyne (Kyle Walker 84'), Ilkay Gundogan, Jack Grealish; Erling Haaland (Julian Alvarez 84').

Komentar