nusabali

Timnas U-22 Diyakini Raih Emas di Kamboja

  • www.nusabali.com-timnas-u-22-diyakini-raih-emas-di-kamboja

JAKARTA, NusaBali - Mantan kapten Timnas Indonesia Firman Utina yakin Timnas Indonesia U-22 mampu membawa pulang medali emas SEA Games ke Tanah Air setelah 32 tahun. Namun, Firman mengingatkan Skuad Garuda Muda untuk tetap waspada.

Menurut Firman, semua tim yang tampil di SEA Games 2023 pasti sudah mempersiapkan diri dengan maksimal. Satu di antaranya yaitu tuan rumah Kamboja. Apalagi, Timnas U-22 dan Kamboja di grup yang sama yaitu Grup A, yang juga ada Filipina, Myanmar, dan Timor Leste.

"Di SEA Games ini saya rasa semua tim sangat siap. Kamboja juga lagi bagus-bagusnya, dulu bisa kita kalahkan 6-0 sampai 8-0, tapi sekarang agak sulit. Ini yang harus jadi perhatian PSSI. Tim di PSSI jangan fokus ke tim sendiri, tapi juga ke tim lawan," ujar Firman Utina.

"Tapi saya rasa kita masih bisa berbicara di SEA Games, ditambah dukungan dari pemerintah serta PSSI yang baru ini, otomatis ingin menggapai yang bisa kita kenang dengan menjuarai SEA Games," kata mantan pemain Timnas Indonesia itu.

Sementara itu, peraih medali emas sepak bola pada SEA Games 1991 di Filipina, Toyo Haryono, meminta agar para pemain Timnas U-22 yang untuk menguatkan aspek fisik.  Toyo meminta para punggawa Garuda Muda menambah latihan secara mandiri untuk meningkatkan fisik.

“Jangan cepat besar hati. Kita selesai latihan, selesai. Kayak dikatakan Firman itu ‘nambah sendiri lah’,” kata Toyo saat menjadi pembicara dalam diskusi refleksi 93 tahun PSSI di GBK Arena pada Senin sore.

Perkataan Toyo bukanlah tanpa dasar, karena hal itu selaras dengan salah satu faktor utama keberhasilannya dan rekan-rekan timnas SEA Games 1991 dalam meraih emas adalah mempunyai fisik yang kuat.

“Jadi waktu pertandingan 2x45 di Manila itu ya modal fisik. Dari taktik kita kalah lawan Thailand (final), dari fisik kita hadapi tidak kasih mereka pegang bola. Udah man to man maka marking-nya harus bagus. Dari situlah kita dari semi final kita adu penalti, dari final kita adu penalti,” kata Toyo.

Perjuangan Timnas U-22 di SEA Games 2023 akan dimulai pada 29 April 2023. Skuad Garuda Muda menghadapi Filipina dalam matchday pertama Grup A di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh.

Setelah itu pada 4 Mei 2023, Timnas U-22 bersua Myanmar. Tiga hari berselang, berhadapan dengan Timor Leste. Dalam matchday terakhir Grup A, Timnas akan melawan Kamboja pada 10 Mei 2023 di Morodok Techo National Stadium. ant

Komentar