nusabali

Proyek Pipa Catur - Belantih Tuntas

  • www.nusabali.com-proyek-pipa-catur-belantih-tuntas

BANGLI, NusaBali - Pemasangan pipa transmisi ruas jalan Catur-Belantih di Kecamatan Kintamani, Bangli, tuntas.

Dengan tuntasnya pemasangan pipa ini, Perumda Air Minum Tirta Danu Arta (PDAM) Bangli meyakinkan dapat menekan kebocoran air. Selain itu, debit air yang bisa dimanfaatkan akan lebih besar.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Danu Arta Bangli Dewa Gede Ratno Suparso Mesi mengatakan, proses pemasangan pipa transmisi meliputi 2,6 kilometer. Pemasangan tuntas pda 18 Maret 2023, selama 45 hari dan berjalan lancar. Untuk memastikan tidak terjadi kebocoran dalam proses pemasangan telah dilakukan uji coba. "Dari uji coba hasilnya tidak ditemukan titik kebocoran," ungkapnya, Rabu (19/4).

Disebutkan, dengan pemasangan pipa baru ini setidaknya akan dapat menekan angka kebocoran. Sebelum dilakukan pergantian rata-rata ditemukan tiga titik kebocoran per harinya. Angka kebocoran sangat tinggi imbasnya selain mengganggu pelayanan juga berdampak pada membengkak biaya pemeliharaan. "Dengan jaringan yang baru ini selain menekan angka kebocoran  juga berpengaruh terhadap debit air yang bisa dimanfaatkan," jelasnya.

Direktur asal Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli ini menyampaikan, sebelum penggantian pipa debit air yang dimanfaatkan hanya 28 liter per detik, sedangkan saat ini debit air yang bisa dimanfaatkan 50 liter per detik. Tentu naiknya debit air yang dimanfaatkan tentu jangkauan pelayanan bisa lebih luas.7esa

Komentar