nusabali

HUT Bangli 10 Mei 2023, Tari Baris akan Jadi Ikon

  • www.nusabali.com-hut-bangli-10-mei-2023-tari-baris-akan-jadi-ikon

BANGLI, NusaBali
Puncak HUT ke-819 Kabupaten Bangli pada 10 Mei 2023. Sejumlah kegiatan sudah mulai dirancang untuk memeriahkan HUT Bangli. Tari Baris akan menjadi ikon peringatan HUT.

Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia HUT ke-819 Kabupaten Bangli, I Dewa Agung Suryadarma, Senin (17/4). Kepala Satpol PP Bangli ini menjelaskan sudah beberapa kali dilakukan rapat untuk membahas kegiatan untuk memeriahkan HUT Bangli. Pada HUT kali ini akan menjadikan Tari Baris sebagai ikon. "Pada HUT sebelumnya dibuat Punggalan Barong sebagai ikon. Sedangkan HUT kali ini adalah Tari Baris," jelasnya.

Ikon berupa Tari Baris akan dipasang di Alun-alun Bangli. Dipilih Tari Baris karena Bangli memiliki ragam Tari Baris. Setiap wilayah memiliki Tari Baris. "Bapak Bupati menggalakkan Bangli melompat lebih tinggi, salah satu melalui seni," ujarnya.

Lebih lanjut, dipilih Tari Baris karena memiliki filosofi kekompakan, semangat perjuangan dan juga menggambarkan kedisiplinan. Tari Baris juga akan ditampilkan secara kolosal dengan melibatkan para siswa di Bangli. Untuk persiapan berada dibawah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli. "Masing-masing wilayah memiliki Tari Baris yang berbeda, maka itu nantinya dipilih untuk ditampilkan," sambungnya.

Kata Agung Suryadarma, pada HUT Bangli pada 10 Mei 2022, seribu lebih siswa menampilkan semaphore Pramuka. Penampilan setiap tahun diupayakan untuk berbeda dan tentu untuk menggali kreativitas.

Kepala Disdikpora Bangli Komang Pariarta mengaku masih akan rapat terkait penampilan Tari Baris kolosal. Sejauh ini belum dapat dipastikan berapa banyak siswa yang akan dilibatkan. "Kami masih akan rapat dulu. Jadi, belum dipastikan berapa siswa yang dilibatkan," ungkapnya singkat. *esa

Komentar