nusabali

Forkopimda Jembrana Pantau Arus Mudik di Gilimanuk

  • www.nusabali.com-forkopimda-jembrana-pantau-arus-mudik-di-gilimanuk

NEGARA, NusaBali
Jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jembrana melaksanakan pemantauan arus mudik di Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Jembrana, Minggu (16/4) malam.

Dari pantaaun malam tersebut, situasi pemudik yang akan menuju Pelabuhan Gilimanuk terpantau masih ramai lancar. Selain pantau pelabuhan, rombongan Forkopimda Jembrana ini juga melakukan pemantauan ke areal Terminal Kargo Gilimanuk. Di samping dijadikan kantong parkir ataupun tempat pengalihan kendaraan menuju pelabuhan, di Terminal Kargo Gilimanuk ini juga menjadi titik Pos Pelayanan (Posyan) Angkutan Lebaran di Gilimanuk.

Bupati Tamba mengatakan, kehadirannya ke Gilimanuk, adalah mengecek secara langsung perkembangan arus mudik. Di samping itu, memastikan berbagai persiapan fasilitas dan pelayanan bagi pemudik yang akan menyeberang dari Pelabuhan Gilimanuk ke Pelabuhan Ketapang.

“Kami beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Jembrana berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada pemudik. Agar aktivitas arus mudik Lebaran tahun 2023 ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan kondusif. Khususnya di sepanjang wilayah Kabupaten Jembrana,” ujar Bupati Tamba.

Bupati Tamba mengimbau, kepada umat muslim yang akan melakukan perjalanan mudik, agar selalu mengutamakan keselamatan. Begitu juga mengikuti imbauan petugas demi terciptanya arus mudik yang nyaman dan lancar. “Selalu berhati-hati dalam perjalanan, dan semoga selamat sampai tujuan,” ucap Bupati Tamba.

Seperti diketahui, dalam pengaturan arus mudik tahun ini, terdapat beberapa skenario dan rekayasa lalu lintas di wilayah Kabupaten Jembrana yang disiapkan untuk mengantisipasi kepadatan pemudik di Gilimanuk. Diantaranya dengan menyiapkan dua titik pengalihan arus atau jalur anternatif menuju Gilimanuk. Termasuk di Gilimanuk, juga disiapkan rekayasa lalu lintas dengan memasukkan kendaraan kecil (mobil dan sepeda motor) ke Terminal Kargo Gilimanuk dan memanfaatkan 4 jalan gang (Gang I, II, III, dan IV) untuk jalur menuju pelabuhan. *ode

Komentar