nusabali

Polisi Atensi Rumah Ditinggal Mudik

  • www.nusabali.com-polisi-atensi-rumah-ditinggal-mudik

BANGLI, NusaBali
Sejumlah rumah di Bangli mulai ditinggalkan oleh para umat muslim karena mudik. Guna memastikan keamanan rumah itu, pihak kepolisian mengoptimalkan kegiatan patroli baik siang maupun malam hari.

Seperti dilakukan jajaran Polsek Bangli. Kapolsek Bangli Kompol Made Dwi Puja Rimbawa  mengatakan serangkian hari raya Idul Fitri, 22 – 23 April 2023, sejumlah umat musim di Bangli sudah melakukan perjalanan mudik ke kampung halamannya. Pihaknya pun mengintensifkan kegiatan patroli dan fokus menyambangi rumah- rumah kosong. Hal ini untuk memberikan rasa aman bagi pemilik rumah yang sedang mudik.

Dari pendataan, ada beberapa titik kawasan yang masyarakatnya mudik. Di antaranya, mereka yang  tinggal di kawasan LC Uma Aya, Kelurahan Bebalang, Banjar Pekuwon, Kelurahan Cempaga, Banjar Kawan, Kelurahan Kawan dan Lingkungan /Banjar Sidembunut, Cempaga. "Kebanyakan yang ditinggal, rumah sendiri. Ada pula rumah kontrakan atau kost," ungkapnya Minggu (16/4).

Dikatakan, saat ini pergerakan warga mudik dari Bangli tidak begitu menjolok. Beda halnya di daerah lain yang sudah mulai ramai. Kompol Puja Rimbawa memprediksi puncak arus mudik pada Rabu (19/4), bertepatan dengan cuti bersama pegawai.

Pihaknya mengimbau kepada umat muslim, agar sebelum melakukan perjalanan mudik, mereka agar melapor atau menitipkan rumah pada tetangga terdekat. “Kami mengajak masyarakat ikut mengawasi rumah-rumah tetangga mereka yang ditinggal pemiliknya mudik. Bersama-sama menjaga keamanan di lingkungan sekitar,” sebutnya.

Pihaknya juga mengingatkan bagi warga yang mudik dengan menggunakan kendaraan agar terlebih dahulu mengecek kelengkapan dokumen kendaraan. Selain itu, kondisi kendaraan, serta menjaga kebugaran fisik karena perjalanan jauh. *esa

Komentar