nusabali

Bantu Masyarakat, PKK Belanja Lalu Bagikan ke Masyarakat

  • www.nusabali.com-bantu-masyarakat-pkk-belanja-lalu-bagikan-ke-masyarakat

GIANYAR, NusaBali
Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Bali bersama TP PKK Kabupaten Gianyar menggelar Pasar Rakyat dengan tema ‘Berbelanja dan Berbagi’ di Parkir Krisna Oleh-oleh Bali, Desa Wisata Blangsinga, Kecamatan Blahbatuh, Jumat (14/4).

Kader PKK yang hadir diminta berbelanja, namun belanjaannya tidak boleh dibawa pulang melainkan harus dibagikan ke masyarakat. Tujuannya membantu masyarakat yang membutuhkan uluran tangan.

Pasar Rakyat melibatkan pelaku IKM dan UMKM di Kabupaten Gianyar. Tujuannya memberikan ruang dalam memasarkan hasil pertanian, kerajinan, dan hasil UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga). Pedagang menjual aneka sayuran, bumbu dapur, olahan makanan matang, mentah, kuliner, dan kerajinan. Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Ida Ayu Surya Adnyani Mahayastra mengatakan, pasar rakyat untuk membantu masyarakat yang membutuhkan serta membangkitkan IKM dan UMKM pasca pandemi. “Kami menghadirkan hasil olahan UP2K PKK, hasil Puspa Aman Aku HATINYA PKK, hasil KWT, pertanian, IKM dan UMKM di Kabupaten Gianyar,” kata Surya Adnyani.

Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny Putri Koster menjelaskan Pasar Rakyat ini merupakan salah satu kegiatan PKK yang diinisiasi oleh dirinya ketika situasi pandemi. “PKK mencari kebutuhan pokok, sayur, telur, tempe, tahu, minyak, beras, lalu itu kami bagikan secara gratis,” paparnya. Pasar rakyat merupakan ajang silaturahmi antar TP PKK Kabupaten/Kota seluruh Bali, karena kalau tidak ada kegiatan, biasanya PKK hanya bertemu melalui zoom meeting dan rapat-rapat koordinasi.

Para Ketua PKK dari seluruh kabupaten/kota se-Bali yang datang berkesempatan menyapa IKM dan UMKM di Kabupaten Gianyar. Mereka berbelanja namun belanjaannya tidak dibawa pulang, melainkan dibagikan kepada masyarakat. “Ada 100 tas dari provinsi, setiap kabupaten/kota cukup 10 tas yang dibagi untuk 90 orang. Berbelanja dan berbagi, belanjaannya dibagi tidak boleh dibawa pulang,” jelas Ny Putri Koster. *nvi

Komentar