nusabali

BKPAD Bangli Optimis Capai Target PHR

  • www.nusabali.com-bkpad-bangli-optimis-capai-target-phr

BANGLI, NusaBali
Badan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BKPAD) Bangli, optimis mampu merealisasikan target pendapatan daerah dari Pajak Hotel dan Restoran (PHR).

Target PHR  tahun 2023, naik berkali lipat dibandingkan tahun 2022  haya Rp 5 miliar. Target tahun ini Rp 16 miliar. Kepala BKPAD Bangli I Dewa Agung Bagus Riana Putra menjelaskan target PHR tahun 2022 sebesar Rp 5 miliar lebih, dengan realisasi Rp 7 miliar. Kemudian target PHR di tahun 2023 sebesar Rp 16 miliar. Menurut dia, peningkatan target ini sesuai dengan kontrak kerja dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). "Tentu kami berusaha memenuhi target tersebut," jelasnya, Kamis (13/4).

Dewa Riana menyebutkan, realisasi target PHR tahun 2023, cukup tinggi. Pada triwulan pertama, target yang terealisasi Rp 4 miliar atau hampir 25 persen dari total target. Realisasi tersebut tidak lepas dari kerja keras tim serta komitmen para wajib pajak. Pejabat asal Desa Kayubihi, Kecamatan Bangli ini menyebutkan dengan pemungutan PHR secara online juga mendongkrak realisasi PHR. "Realisasi PHR saat ini tidak terlepas dari perubahan sistem pemantauan pajak secara online. Selain itu, peran petugas pengawas pajak yang secara kontinyu turun mendatangi objek-objek pajak," tegasnya.

Dewa Riana membeberkan, sebulan terakhir para pengawas pajak gencar mendata objek-objek pajak glamping yang potensial. Tim mendata saat kunjungan  wisatawan masih rendah, untuk selanjutnya dianalisis oleh pemeriksa pajak. Kemudian nanti dikomparasi dengan pembayarannya wajib pajak bersangkutan. "Nanti angka ini disandingkan dengan data kami dan penyetoran pajak yang dilakukan oleh para wajib pajak," ujarnya. *esa

Komentar