nusabali

DWP Kabupaten Badung Pacu Anggota Berkarya dan Berdaya

P2KBP3A Badung Kolaborasi dengan DPC Perwira Badung Gelar Workshop

  • www.nusabali.com-dwp-kabupaten-badung-pacu-anggota-berkarya-dan-berdaya

MANGUPURA, NusaBali.com – Perempuan Berkarya, Perempuan Berdaya. Semangat ini digelorakan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Badung yang mengikuti workshop di Puspem Badung, 12-13 April 2023.

Workshop yang bertujuan meningkatkan kapasitas perempuan di bidang ekonomi ini diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Badung bekerjasama dengan DPC Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (Perwira) Kabupaten Badung.

Workshop selama dua hari ini dalam rangka pelaksanaan sub kegiatan sosialisasi peningkatan partisipasi perempuan di bidang politik, hukum, sosial dan ekonomi di Kabupaten Badung,” kata Kepala Dinas P2KBP3A, I Nyoman Gunarta yang membuka workshop pada Rabu (12/4/2023).

DWP sendiri adalah organisasi perempuan terbesar di Indonesia, karena anggotanya terdiri dari istri Aparatur Sipil Negara (ASN) atau ASN perempuan yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Keberadaan anggota DWP dan keluarganya merupakan posisi strategis dan role model di dalam upaya mendukung program pemerintah yaitu pemberdayaan perempuan,” kata Ketua DWP Badung, Ny Adi Arnawa saat memberikan sambutan pada workshop hari pertama, Rabu (12/4/2023).

Istri Sekda Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa, ini pun berharap acara yang dilangsungkan kali ini bermanfaat dan berdampak pada peningkatan kualitas dan peran perempuan dalam pembangunan.

Workshop ini juga dimaksudkan untuk menyambut Hari Kartini 21 April 2023 mendatang. Dan dengan semangat Kartini, mari kita wujudkan kesetaraan gender melalui perempuan yang berkarya, perempuan berdaya untuk Kabupaten Badung yang hebat, maju, serta sejahtera,” tegas Ny Adi Arnawa. 

Acara yang dimoderatori oleh Selvianti Joenoes, Ketua DPC Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (Perwira) Kabupaten Badung, disambut antusias oleh puluha peserta.

Di hari pertama, Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung memaparkan materi 'Perkembangan dan Peluang UKM/Industri Rumahan bagi Perempuan' yang disajikan oleh I Made Wirya Santosa selaku Kabid UMKM Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan kabupaten Badung. 

Tak cukup terkait peluang yang terbuka untuk menambah penghasilan, Hersa Purbasari dari Dinas Kesehatan Kabupaten Badung melengkapi dengan membuka wawasan terkait persyaratan dan legalitas pelaku usaha kuliner/industri rumahan. 

Berlanjut workshop hari kedua, Kamis (13/4/2023), antusias peserta masih tinggi. Pasalnya di hari kedua ini dilakukan praktek langsung pembuatan pudding jelly art.

Namun sebelum Ayu Arvinando dari Perwira Badung mempraktekkan cara dan tips membuat pudding jelly art, terlebih dulu dipaparkan soal peluang pasar dan analisa usaha bisnis kuliner puding jelly art.

Sebanyak 30 peserta workshop yang dilangsungkan di Ruang Flamboyan Gosana Dinas P2KBP3A Kabupaten Badung itu pun menyimak tutorial dari Ayu Arvinando.

 “Workshop DWP Kabupaten Badung ini sangat luar biasa. Karena memberikan keterampilan bagi perempuan pelaku usaha pemula agar lebih terarah dan menciptakan produk inovatif,” puji Selvianti Joenoes, pelaku usaha kuliner yang bertindak sebagai moderator dalam workshop kali ini.

Di sisi lain Selvianti Joenoes mengaku senang dengan kolaborasi yang dilakukan bersama P2KBP3A Kabupaten Badung karena akan memacu lahirnya wirausaha-wirausaha baru, khususnya kaum perempuan.

"Selama ini DPC Perwira Badung memang selalu aktif dalam berbagai kegiatan di Puspem," kata Selvianti Joenoes yang juga menjabat Sekretaris di Forum PUSPA (Partisipasi Publik Untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak) Kabupaten Badung yang juga diketuai Ny Adi Arnawa.

Komentar