nusabali

H-10 Lebaran, Belum Ada Lonjakan Pemudik di Terminal Mengwi

  • www.nusabali.com-h-10-lebaran-belum-ada-lonjakan-pemudik-di-terminal-mengwi

MANGUPURA, NusaBali
Arus mudik Lebaran belum terlihat di Terminal Mengwi yang berlokasi di Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Rabu (12/4) sore.

Keberangkatan dan kedatangan penumpang terbilang masih normal seperti hari biasanya. Pantauan NusaBali pukul 16.00 Wita, suasana di Terminal Mengwi masih sama seperti hari normal. Bahkan jumlah penumpang pada terminal keberangkatan belum menunjukkan peningkatan yang signifikan dari hari bisanya. Dari data jumlah keberangkatan penumpang pada April 2023, paling banyak terjadi pada 9 April lalu dengan jumlah penumpang tercatat 799 orang, yang diangkut sebanyak 32 bus.

“Sampai saat ini, pemudik terbanyak di tanggal 9 April, sebanyak 799 orang. Namun besoknya, 10 April 2023 jumlah penumpang menurun menjadi 469 penumpang, dan kemarin (Selasa) kembali meningkat menjadi 588 penumpang,” ujar Kordinator Satuan Pelayanan (Satpel) Terminal Tipe A Mengwi Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XII Bali, Made Ardana.

Sedangkan pada 1 April jumlah penumpang tercatat mencapai 287 orang, 2 April ada 445 orang, 3 April ada 291 orang, 4 April ada 376 orang, 5 April ada 317 orang, 6 April ada 615 orang, 7 April ada 463 orang, dan 8 April ada 432 orang.

Pihaknya mengaku saat ini jumlah penumpang masih belum ada lonjakan. Biasanya, kata Ardana, penumpang akan ramai menjelang libur Lebaran dan saat libur Lebaran. “Saat ini masih landai, namun kami prediksi peningkatan akan terjadi pada Senin atau Selasa depan,” katanya sembari menyebut untuk pergerakan penumpang tetap akan dilakukan monitoring.

Sementara itu terkait persiapan Lebaran, dari pihak Terminal Mengwi akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, Kepolisian, TNI, Dinas Kesehatan dan yang lainnya. Guna memastikan penumpang tetap aman, pihak terminal tetap melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan di terminal, hal itu dilakukan untuk memastikan kendaraan aman saat beroperasi.

“Untuk saat ini, dalam sehari ada 22 sampai 26 bus yang berangkat dari terminal. Namun untuk arus mudik nanti mungkin lebih banyak dari ini, kemungkinan mencapai 40 sampai 50 bus,” kata Ardana. *ind

Komentar