nusabali

1.874 Personel Polda Bali Siaga Mudik Lebaran

  • www.nusabali.com-1874-personel-polda-bali-siaga-mudik-lebaran

DENPASAR, NusaBali
Polda Bali bersama jajaran Polres/Polresta siagakan 1.874 personel dalam Operasi Ketupat Agung 2023 untuk mengamankan mudik Lebaran.

Tahun ini diprediksi terjadi peningkatan jumlah pemudik dari tahun sebelumnya. Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto dikonfirmasi, Rabu (12/4) mengatakan ribuan personel yang disiagakan itu nanti akan dibentuk dalam Satgas-satgas. Dikatakannya Operasi Ketupat Agung 2023 digelar selama dua pekan, sejak 18 April sampai 1 Mei.

"Tahun ini diprediksi terjadi peningkatan jumlah pemudik yang signifikan. Polda Bali bersama dengan Dinas terkait melakukan berbagai langkah-langkah antisipasi, seperti kemacetan dan lainnya. Nanti akan ada rekayasa maupun pengalihan arus di wilayah Jembrana," ungkap Kombes Satake Bayu.

Menuju ke Pelabuhan Gilimanuk nanti akan disiapkan kantong-kantong parkir. Kantor parkir ini untuk mengantisipasi kepadatan di jalan utama. Selain itu panitia juga menyediakan tenda-tenda untuk memudahkan pemudik mencari tempat teduh.

"Perkiraan puncak mudik terjadi pada H-3. Sementara arus balik diperkirahakn terjadi pada H+5. Nanti akan dilakukan pembatasan kendaraan truk yang tidak memuat sembako. Pembatasan dilakukan sejak 17 April," ungkapnya.

Selain itu untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat, Polda Bali membangun puluhan pos, terdiri dari 23 Pos Pengamanan, 7 Pos pelayanan, dan 5 Pos Terpadu. "Puluhan pos ini tersebar di jalur mudik dan objek wisata. Segala bentuk gangguan Kamtibmas diupayakan untuk bisa dicegah," pungkasnya. *pol

Komentar